IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN MAḤFŪẒĀT PADA MATA PELAJARAN MAḤFŪẒĀT DI MTS WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN BANYUMAS

Anisa, Salsabila (2023) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN MAḤFŪẒĀT PADA MATA PELAJARAN MAḤFŪẒĀT DI MTS WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Anisa Salsabila_Implementasi Metode Pembelajaran Mahfuzat pada Mata Pelajaran Mahfuzat di MTs Wathoniyah Islamiyah Kebarongan Banyumas.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidik perlu mengetahui dan mempelajari metode pembelajaran agar materi dapat dimengerti dengan baik oleh peserta didik. Salah satu metode pembelajaran yang menarik adalah metode pembelajaran maḥfūẓāt. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran maḥfūẓāt dalam mata pelajaran maḥfūẓāt di MTs Wathoniyah Islamiyah Kebarongan Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi yang diteliti adalah MTs Wathoniyah Islamiyah Kebarongan Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas dengan subjek penelitian meliputi guru mata pelajaran maḥfūẓāt, siswa kelas VII dan kepala sekolah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi metode pembelajaran maḥfūẓāt dalam mata pelajaran maḥfūẓāt di MTs Wathoniyah Islamiyah Kebarongan diawali dengan perencanaan, seperti menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan menyiapkan materi berupa buku maḥfūẓāt. Langkah pelaksanaan dimulai dengan guru menuliskan bait maḥfūẓāt beserta Mufradātnya di papan tulis dan meminta siswa untuk menulisnya di buku tulis. Kemudian guru mencontohkan bagaimana bunyi bait maḥfūẓāt tersebut jika diiramakan dan siswa menirukannya. Jika siswa sudah benar dalam melafalkannya, guru menerjemahkan bait maḥfūẓāt tersebut sesuai dengan Mufradāt yang sudah ditulis dan siswa menirukannya sampai mereka benar mambacanya. Langkah terakhir yaitu kegiatan evaluasi, yaitu evaluasi lisan dengan cara meminta siswa menghafalkan bait maḥfūẓāt yang sudah dipelajari pada pertemuan minggu lalu di depan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran, Metode Maḥfūẓāt
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Anisa Salsabila sdri
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:23
Last Modified: 24 Jul 2023 07:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20511

Actions (login required)

View Item View Item