IMPLEMENTASI TEKNIK ICE BREAKING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA'ARIF NU 1 PLIKEN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS

Isni, Khofifah Aini (2023) IMPLEMENTASI TEKNIK ICE BREAKING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA'ARIF NU 1 PLIKEN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Isni Khofifah Aini_Implementasi Teknik Ice Breaking Pada Pembelajaran Tematik di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif NU 1 Pliken Kembaran Kabupaten Banyumas.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran, kemampuan guru diuji agar bisa menarik perhatian dan motivasi belajar peserta didik, apalagi pada jenjang sekolah dasar dimana peserta didik belum bisa mengkondisikan dirinya sendiri. Pada jenjang ini peserta didik sering merasa bosan dalam proses pembelajaran, oleh karena itu sebagai guru harus mampu memahami kondisi peserta didik agar mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, kondusif, dan efektif. Salah satu cara untuk memusatkan perhatian peserta didik ialah dengan mengimplementasikan teknik Ice Breaking dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi teknik Ice Breaking pada pembelajaran tematik di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 1 Pliken Kembaran Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 1 Pliken Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Dengan subjek penelitian meliputi: kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Hasil penelitian tentang implementasi teknik Ice Breaking pada pembelajaran tematik di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 1 Pliken Kembaran Kabupaten Banyumas, yaitu: 1) Proses perencanaan pembelajaran berupa perangkat pembelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang didalamnya telah direncanakan teknik Ice Breaking. 2) Proses pelaksanaan teknik Ice Breaking dilaksanakan di awal pembelajaran, pada saat pembelajaran, dan di akhir pembelajaran. 3) Evaluasi teknik Ice Breaking berupa dampak, faktor pendukung dan penghambat serta solusinya, dan penilaian dalam implementasi teknik Ice Breaking.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Teknik Ice Breaking, Pembelajaran Tematik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Isni Khofifah Aini sdri
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:30
Last Modified: 24 Jul 2023 07:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20510

Actions (login required)

View Item View Item