ALAIKA SANDORI_PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, MOTIVASI, DAN MODAL MINIMAL TERHADAP MINAT MAHASISWA BERINVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. K.H SARIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO)

Alaika, Sandori (2023) ALAIKA SANDORI_PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, MOTIVASI, DAN MODAL MINIMAL TERHADAP MINAT MAHASISWA BERINVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. K.H SARIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Alaika Sandori_Pengaruh Pengetahuan Investasi, Motivasi, dan Modal Minimal Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Prof. K.H Sarifuddin Zuhri.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa menjadi perhatian khusus dalam program edukasi pasar modal Bursa Efek Indonesia, maka Bursa Efek Indonesia memberikan fasilitas dengan mendirikan galeri investasi di beberapa perguruan tinggi. Namun masih banyak mahasiswa yang belum melakukan investasi di pasar modal syariah. Padahal sangat penting melakukan investasi semasa muda untuk menunjang masa depan. Minat berinvestasi saham syariah tentu dilandasi berbagai faktor diantaranya adalah pengetahuan investasi, motivasi, dan modal minimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan investasi, motivasi, dan modal minimal baik secara parsial maupun secara simultan terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal syariah (studi pada mahasiswa FEBI UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis penelitian lapangan (field research). Variabel dalam penelitian ini adalah variabel pengetahuan investasi, motivasi, dan modal minimal sebagai variabel independen serta variabel minat berinvestasi sebagai variabel dependen. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuisioner melalui google form kepada 100 responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan analisis regresi linier sederhana yang diolah dengan SPSS 26 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan investasi dan modal minimal secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal syariah, sedangkan motivasi secara parsial tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal syariah, sedangkan secara simultan pengetahuan investasi, motivasi, dan modal minimal berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Investasi, Motivasi, Modal Minimal, dan Minat Berinvestasi
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Alaika Sandori
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:15
Last Modified: 25 Jul 2023 07:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20508

Actions (login required)

View Item View Item