ANALISIS EDUKASI PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS EKONOMI SIRKULAR DAN KREATIF (STUDI KASUS BANK SAMPAH MANDIRI CILACAP)

MILLATUL, MUNAUWEROH (2023) ANALISIS EDUKASI PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS EKONOMI SIRKULAR DAN KREATIF (STUDI KASUS BANK SAMPAH MANDIRI CILACAP). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Millatul Munauweroh_Analisis Edukasi Pengelolaan Sampah Berbasis Ekonomi Sirkular dan Kreatif (Studi Kasus Bank Sampah Mandiri Cilacap).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Edukasi pengelolaan sampah merupakan salah satu faktor keberlanjutan bank sampah dapat terus berkembang. Bank Sampah Mandiri adalah sebuah lembaga yang bertugas untuk mengelola sampah masyarakat Kelurahan Kebonmanis. Terdapat beberapa unit pengelolaan sampah salah satunya adalah Ikatan Nenek-Nenek Lincah (INNEL KREATIF). Unit INNEL Kreatif merupakan sebuah unit yang memiliki tujuan untuk memberikan edukasi mengelola sampah menjadi kerajinan yang berupa barang kreatif yang memiliki nilai jual atau nilai ekonomis yang merupakan pengaplikasian ekonomi sirkular dan ekonomi kreatif. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif. Adapun Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode untuk menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Serta untuk menganalisa hasil penelitian menggunakan analisis SWOT guna untuk melihat sejauh mana bank sampah mandiri memiliki sinergisitas dalam pengembangannya yang dipengaruhi oleh beberapa faktor tertentu. Hasil penelitian ini adalah sistem edukasi yang diberikan adalah edukasi massa yang berupa seminar dan pelatihan, yang mana kedua pokok tersebut merupakan hasil dari pendekatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan. Hasil analisis SWOT yang dilakukan menghasilkan perlu adanya beberpa peningkatan terkait bank sampah, memperkuat sinergitas antar perusahaan mitra yang bekerjasama dan perlu adanya kaderisasi atau regenerasi kepengurusan dalam bank sampah guna membentuk bank sampah yang berkelanjutan dan terstruktur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Edukasi, Pengelolaan Sampah, Ekonomi Sirkular, Ekonomi Kreatif, Analisis SWOT
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Millatul Munauweroh
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:34
Last Modified: 24 Jul 2023 03:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20501

Actions (login required)

View Item View Item