PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN PADA KELAS INKLUSI DI SD ISLAM AL-IZZAH PURWOKERTO

Alifia, Suwarni (2023) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN PADA KELAS INKLUSI DI SD ISLAM AL-IZZAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Alifia Suwarni_Pembentukan Karakter Religius Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Kegiatan Keagamaan pada Kelas Inklusi di SD Islam Al-Izzah Purwokerto.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang pembentukan karakter religius anak berkebutuhan khusus melalui kegiatan keagamaan pada kelas inklusi di SD Islam Al-Izzah Purwokerto yang dilatarbelakangi oleh masih maraknya aksi tawuran antar pelajar, kasus bulliying dilingkungan sekolah, kasus penganiayaan orang tua terhadap anak dan kasus korupsi dilingkungan pejabat menjadi bukti bahwa masih minimnya karakter yang dimiliki bangsa Indonesia. Karakter religius sangat diperlukan guna membentuk kepribadian yang memiliki akhlak mulia sesuai dengan ajaran Islam. Diperlukan upaya dalam pembentukan karakter religius tidak hanya siswa normal melainkan siswa berkebutuhan khusus juga perlu dalam membentuk karakter religius. Hadirnya sekolah inklusi membawa warna baru dalam penerimaan anak berkebutuhan khusus untuk bersama dengan anak regular. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan atau field research yang bersifat kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian yaitu dengan menggunakan metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah proses pembentukan karakter religius anak berkebutuhan khusus melalui kegiatan keagamaan pada kelas inklusi di SD Islam Al-Izzah Purwokerto dilakukan sejak penerimaan siswa baru dimana dalam sekolah yang menerapkan program inklusi. Macam-macam kegiatan keagamaan yang dilaksanakan oleh siswa inklusi dalam membentuk karakter religius diantaranya sholat dhuha, pembelajaran Al-Qur’an metode UMMI, sholat dhuha, Pembacaan Surat Al-Kahfi, Peringatan Hari Besar Islam dan Pelaksanaan Praktik Ibadah. Melalui metode pembelajaran, pembiasaan, keteladanan dan penguatan berimplikasi pembentukan karakter religius siswa yaitu meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT, menambah pengetahuan siswa, melatih kedisiplnanan siswa dan terbentuknya akhlakul karimah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakter Religius, Kegiatan Keagamaan, Kelas Inklusi.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alifia Suwarni sdri
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:03
Last Modified: 24 Jul 2023 08:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20500

Actions (login required)

View Item View Item