KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN FIKIH PADA SISWA KELAS V PADA MI COKROAMINOTO KECAMATAN WANADADI KABUPATEN BANJARNEGARA

mumfadhilah, mumfadhilah (2023) KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN FIKIH PADA SISWA KELAS V PADA MI COKROAMINOTO KECAMATAN WANADADI KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Mumfadhilah Finish final.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya kreativitas guru pada pembelajaran Fikih kelas 5 di MI Cokroaminoto Tapen, dikarenakan pembelajaran yang dilakukan guru hanya menggunakan metode ceramah, sehingga siswa kurang tertarik dan kesulitan dalam memahami materi. Maka dari itu, peneliti menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas guru khususnya pada pembelajaran Fikih. Agar dapat menarik perhatian siswa-siswanya dalam mengikuti pembelajaran dan dapat memahami materi yang telah disampaikan, selain itu, seorang guru juga harus memiliki ide dan inovasi yang baru untuk menerapkan sebuah kreativitasnya namun pada kenyataanya guru masih belum bisa menerapkan kreativitasnya dalam setiap pembelajarannya, penelitian ini difokuskan pada Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Fikih pada Siswa kelas 5 di MI Cokroaminoto Tapen. Tujuan adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penerapan kreativitas guru dalam pembelajaran fikih pada kelas 5. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang disajikan dalam bentuk deskripsi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan Teknik observasi, wawawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data peneliti merujuk pada Teknik analisis Model Interaksi Miles dan Huberman yang terdiri dari : Reduksi data, Penyajian Data dan penarikan kesimpulan dan verivikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kreativitas guru dalam pembelajaran fikih dikelas 5 di MI Cokroaminoto meliputi: kreativitas dalam membuka dan menutup pelajaran,kreativitas guru dalam menjelaskan, kreativitas guru dalam mengelola kelas, kreativitas guru dalam bertanya, kreativitas guru dalam membimbing diskusi kelompok kecil, kreativitas guru dalam memberikan penguatan, dan kreativitas guru dalam mengadakan variasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas,guru, fikih
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: MUMFADHILA MUMFADHILAH sdri
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:55
Last Modified: 26 Jul 2023 04:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20495

Actions (login required)

View Item View Item