PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS MA’ARIF NU 04 TAMANSARI

Septy, Faiqotul Amany (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS MA’ARIF NU 04 TAMANSARI. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Septy Faiqotul Amany_Pengaruh Model Pembelajran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII MTs Ma'arif NU 04 Tamansari.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII di MTs Ma’arif NU 04 Tamansari, dikarenakan pembelajaran guru menggunakan metode ceramah, dimana siswa hanya memperhatikan penjelasan saja, sehingga siswa kurang tertarik terhadap pembelajaran dan sulit memahami materi. Maka dari itu, peneliti menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, salah satunya yaitu dengan model pembelajaran Guided Discovery Learning. Model Pembelajaran Guided Discovery Learning merupakan suatu model pembelajaran yang mengutamakan keaktifan siswa dalam mengolah informasi atau materi pembelajaran melalui bimbingan dari guru dan kerjasama antar siswa. Tujuan adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengimplementasi model pembelajaran Guided Discovery Learning dan pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa VIII MTs Ma’arif NU 04 Tamansari. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Pretest and Posttest Control Group. Dalam penelitian ini populasi yang diambil adalah siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 04 Tamansari yaitu kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, dan VIII E. Sedangkan sampelnya yaitu kelas VIII B dan VIII C. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Convanience Sampling (Pengambilan Sampel Keinginan). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes uraian/essay dalam bentuk pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil dari penelitian ini adalah Model pembelajaran Guided Discovery Learning dilakukan dengan sangat baik dan Model pembelajaran Guided Discovery Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: berpikir kreatif; guided discovery learning; matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Septy Faiqotul Amany
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:05
Last Modified: 25 Jul 2023 07:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20490

Actions (login required)

View Item View Item