FUNGSI RITUAL MITONI TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT DI DESA PAMIJEN, KECAMATAN BATURADEN, KABUPATEN BANYUMAS

Khoerul Aji, Pratama (2023) FUNGSI RITUAL MITONI TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT DI DESA PAMIJEN, KECAMATAN BATURADEN, KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Khoerul Aji Pratama-Fungsi ritual mitoni terhdap kehidupan masyarakat di Desa Pamijen, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tradisi yang masih berkembang dalam masyarakat diyakini membawa kebaikan bag masyarakat sekitar. Salah satunya tradisi mitoni yang masih dilestarikan di Desa Pamijen. Dalam penelitian ini menggunakan teori tradisi dari C. A Van Peursen yang mengungkapkan bahwa tradisi dapat diartikan sebagai proses pewarisan atau penerusan norma-norma, adat istiadat, kaidah-kaidah, harta-harta. Teori kedua menggunakan teori ritual dari Victor Turner yang mengungkapkan bahwa ritual merupakan kewajiban yang harus dilalui dengan melakukan serangkaian kegiatan. Teori ketiga menggunakan teori fungsionalisme, menurut Bronislaw Malinowski beranggapan bahwa semua unsur kebudayaan bermanfaat bagi masyarakat dimana unsur itu terdapat. Pandangan fungsionalisme terhadap kebudayaan bahwa setiap pola kelakuan yang sudah menjadi kebiasaan, setiap kepercayaan dan sikap merupakan bagian dari suatu masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan. Penelitian ini menghasilkan bagaimana proses pelaksanaan tradisi mitoni berlangsung serta fungsi praktik ritual mitoni terhadap kehidupan masyarakat, adapun proses pelaksanaan mitoni meliputi tahapan persiapan yang meliputi pemilihan hari dan waktu, Ngrias cengkir dan mempersiapkan tumpeng, dalam tahapan pelaksanaan meliputi siraman, selamatan dan jledugan, dan tahapan penutup melitputi makan bersama dan takiran, kemudian fungsinya terhadap kehidupan masyarakat memiliki pengaruh dalam berbagai segi misalnya segi sosial meliputi mempererat silaturrahmi dan tolong menolong, dalam segi agama meliputi wujud rasa syukur kepada Allah SWT, dan sebagai do’a kepada Allah SWT dalam segi psikologis meliputi memunculkan rasa kasih sayang, kecemasan dalam kondisi tidak normal dan dalam segi budaya meliputi melestarikan budaya. Tradisi mitoni mitoni terus dilestarikan agar kelak generasi muda memahami dan mengetahui adanya tradisi kearifan lokal agar tidak punah. Dan sebagai sumber refrensi dalam penulisan tentang pengaruh antara praktik ritual mitoni.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tradisi Mitoni, Fungsi, Proses pelaksanaan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.9 Adat Istiadat
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Khoerul Aji Pratama sdr
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:21
Last Modified: 25 Jul 2023 03:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20484

Actions (login required)

View Item View Item