ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM NUSSA RARA DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SD/MI

Luthfie, Annisa (2023) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM NUSSA RARA DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SD/MI. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Luthfie Annisa_Analisis nilai pendidikan karakter dalam film Nussa Rara dan relevansinya dengan pembentukan karakter siswa SDMI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Karakter merupakan aspek yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Salah satunya menjadikan manusia berkualitas dan berkarakter. Sayangnya akhir-akhir ini banyak kasus pelanggaran karakter yang terjadi, bahkan dikalangan anak-anak. Perlu adanya strategi yang tepat untuk mengurangi hal tersebut. Salah satunya menggunakan animasi Nussa Rara sebagai rujukan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa saja nilai karakter dalam film Nussa Rara dan baaimana relevansinya dengan pembentukan karakter siswa SD/MI. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dan termasuk penelitian Pustaka. Subjek penelitian ini adalah animasi Nussa Rara, dan objeknya yaitu nilai pendidikan karakter dalam film Nussa Rara. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik dokumentasi dan dianalisis menggunakan teknik analisis isi, yaitu menganalisis isi dialog tokoh, setting, dan peristiwa dalam film. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Nussa Rara mengandung nilai karakter: dahsyatnya basmalah bernilai disiplin dan religius; ambil gak ya bernilai jujur; toleransi bernilai toleransi dan peduli sosial; jangan tidur setelah subuh bernilai menghargai prestasi, disiplin, dan kreatif; eksperimen bernilai rasa ingin tahu; eksplorasi tanpa batas bernilai rasa ingin tahu; merdeka bernilai semangat kebangsaan, kreatif, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, dan bersahabat/ komunikatif, (2) Relevansinya dengan pembentukan karakter siswa, anak-anak mengerti nilai karakter dan mampu mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Orang tua, guru, dan lingkungan sekitar harus mengawasi perkembangan nilai karakter anak, agar tidak terjerumus kepada pemahaman yang salah, dan tentunya penanaman karakter tidak serta merta diajarkan , ada tahapan-tahapan penting. Hal tersebut didukung teori Thomas Lickona tentang 3 tahapan pembentukan karakter berupa pengetahuan moral, perasaan moral, dan Tindakan moral. Selain itu, nilai karakter juga memiliki kaitan dengan 6 indikator profil pelajar Pancasila. Indikator nilai karakter tersebut terlihat dalam film Nussa Rara yang menampilkan nilai-nilai karakter di setiap episodenya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Nussa Rara, SD/MI
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Luthfie Annisa
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:38
Last Modified: 24 Jul 2023 02:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20483

Actions (login required)

View Item View Item