MANAJEMEN BISNIS JASA PEMOTONGAN AYAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS RUMAH POTONG AYAM PAK HASAN DESA KARANGLEWAS LOR KECAMATAN PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS)

Ahmad, Syafiq Bayu Setiaji (2023) MANAJEMEN BISNIS JASA PEMOTONGAN AYAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS RUMAH POTONG AYAM PAK HASAN DESA KARANGLEWAS LOR KECAMATAN PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AHMAD SYAFIQ BAYU SETIAJI_MANAJEMEN BISNIS JASA PEMOTONGAN AYAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM STUDI KASUS RUMAH POTONG AYAM PAK HASAN DESA KARANGLEWAS LOR KECAMATAN PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Manajemen bisnis jasa pemotongan ayam perspektif ekonomi Islam merupakan kegiatan mengelola, mengkoordinasikan, dan pengontrolan operasional dalam proses pemotongan ayam yang melibatkan beberapa aspek manajemen dan prinsip ekonomi Islamdengan studi kasus rumah potong ayam. Rumah potong ayam (RPA) yaitu sebuah bangunan yang desain dan konstruksinya telah memenuhi persyaratan teknis serta digunakan sebagai tempat memotong ayam bagi konsumsi masyarakat umum. Rumah Potong ayam (RPA) merupakan komponen utama dalam usaha industri peternakan yang melakukan pemotongan ayam hidup. Usaha pemotongan ayam ini merupakan suatu kegiatan merubah ayam hidup menjadi bentuk karkas yang siap dipasarkan atau dimasak (ready to cook). RPA pak Hasan menjadi objek peneltian yang telah berdiri sejak tahun 2008, terletak di Desa Karanglewas Lor. Penelitian ini mengunakan penelitian lapangan (field research), dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan atau verifikasi. Untuk uji keabsahan data yakni menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep-konsep dasar manajemen, termasuk manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, dan manajemen pemasaran memiliki relevansi yang signifikan dalam mengelola dalam bisnis jasa pemotongan ayam. Dalam konteks ekonomi Islam, penting untuk memperhatikan prinsip-prinsip syariah seperti keadilan, etika dan keberlanjutan. Penelitian ini memberikan pemahaman tentang manajemen bisnis jasa pemotongan ayam dengan perspektif ekonomi Islam dan implikasinya bagi pemilik atau pengelola rumah potong ayam dalam meningkatkan efesiensi, efektifitas, dan keberlanjutan bisnis mereka sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam yang relevan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Bisnis, RPA, Prinsip Ekonomi Islam
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living > 647 Management of public households
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ahmad syafiq bayu setiaji sdr
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:06
Last Modified: 25 Jul 2023 03:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20482

Actions (login required)

View Item View Item