IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS 1 MI MA’ARIF NU BANTERAN SUMBANG

Putri, Nur Afifah (2023) IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS 1 MI MA’ARIF NU BANTERAN SUMBANG. Skripsi thesis, UIN Prof K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Putri Nur Afifah_Implementasi Pendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 1 MI Ma'arif NU Banteran Sumbang.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Putri Nur Afifah_Implementasi Pendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 1 MI Ma'arif NU Banteran Sumbang.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL) merupakan pendekatan pembelajaran yang mengaitkan antara materi yang disampaikan dengan situasi dalam kehidupan nyata siswa,sehingga memudakan siswa dalam memahami materi yang di disampaikan oleh guru. Hal ini yang melatarbelakangi MI Ma’arif NU Banteran Sumbang dalam menerapkan pendekatatan CTL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian riset lapangan atau field researh dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran tematik kelas 1 MI Ma’arif NU Banteran Sumbang, dalam pelaksanaan pembelajaran terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan pembelajaran, tahapa pelaksanaan pembelajaran, tahap evaluasi pembelajaran.Pada pelaksanaanya, guru melaksankan kegiatan pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah di susun oleh wali kelas. Pada kegiatan RPP tersebut guru mengacu pada 7 komponen utama Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuh komponen tersbut adalah kontruktivisme, menemukan atau inquiry, bertanya, masyarakat belajar,pemodelan, refleksi dan penilain yang sebenarnya. Namun pada saat melakukan penelitian, guru menerapkan 6 dari 7 komponen utama Contextual Teaching and Learning (CTL). Komponen tersebut yaitu Kontruktivisme, menemukan atau inquiry, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi. Satu komponen yang belum terpenuhi yaitu penilain sebenarnya. Kata kunci: CTL, kelas 1, Tematik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CTL, kelas 1, Tematik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Putri Nur Afifah
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:01
Last Modified: 25 Jul 2023 07:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20478

Actions (login required)

View Item View Item