ANINDYA SALSABILA ZAHRI_IMPLEMENTASI ACTIVE LEARNING STRATEGY PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS II SD IT MUTIARA HATI PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2022/2023

Anindya Salsabila, Zahri (2023) ANINDYA SALSABILA ZAHRI_IMPLEMENTASI ACTIVE LEARNING STRATEGY PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS II SD IT MUTIARA HATI PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ANINDYA SALSABILA ZAHRI_IMPLEMENTASI ACTIVE LEARNING STRATEGY PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS II SD IT MUTIARA HATI PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2022-2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian skripsi ini dilatar belakangi oleh pentingnya melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Active Learning Strategy pada pembelajaran Tematik di Kelas II SD IT Mutiara Hati Purwokerto dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap perencanaan Active Learning Strategy yang secara keseluruhan sudah mencakup tahap teori dari Melvin Silberman, contohnya Active Learning Strategy tipe Reading Aloud dan Information Search. Dalam tahap ini guru sempat mengalami kekhawatiran, namun itu semua mampu diatasi dengan baik. Sedangkan untuk tahap pelaksanaanya secara keseluruhan sudah sejalan dengan teori menurut Melvin Silberman, walaupun pada beberapa pelaksanaannya ditemukan tidak urut sesuai dengan prosedur, namun sudah mewakilkan dari Active Learning Strategy, seperti tipe Role Playing, mempraktikkan materi yang diajarkan, dan tipe True or False. Pada tahap akhir yaitu evaluasi Active Learning Strategy menunjukkan adanya manfaat yang diperoleh yaitu membuat peserta didik aktif sejak awal, pelajaran tidak mudah dilupakan, dapat memotivasi peserta didik sehingga memperoleh hasil belajar yang siginifikan. Meskipun guru sudah berusaha untuk mengimplementasikannya sesuai dengan teori, masih terdapat kendala yang ditemukan, antara lain; diperlukannya lebih banyak persiapan kreativitas seperti media pembelajaran, fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung serta membutuhkan durasi waktu yang cukup panjang guna menyelesaikan setiap tahap. Kata kunci : Kelas Rendah, Strategi Pembelajaran Aktif, Tematik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kelas Rendah, Strategi Pembelajaran Aktif, Tematik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anindya Salsabila Zahri sdri
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:58
Last Modified: 25 Jul 2023 06:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20474

Actions (login required)

View Item View Item