ANALISIS KEMITRAAN USAHA PADA KOPERASI PESAT BANYUMAS DALAM MENDORONG PEMBERDAYAAN EKONOMI PETERNAK SAPI PERAH (STUDI PADA KOPERASI PETERNAK SATRIA "PESAT" KARANGLEWAS, BANYUMAS)

Kalandari, Aizatul Fatta (2023) ANALISIS KEMITRAAN USAHA PADA KOPERASI PESAT BANYUMAS DALAM MENDORONG PEMBERDAYAAN EKONOMI PETERNAK SAPI PERAH (STUDI PADA KOPERASI PETERNAK SATRIA "PESAT" KARANGLEWAS, BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
KALANDARI AIZATUL FATTA_ANALISIS KEMITRAAN USAHA PADA KOPERASI PESAT BANYUMAS DALAM MENDORONG PEMBERDAYAAN EKONOMI PETERNAK SAPI PERAH.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kegiatan ternak sapi perah sangat berperan dalam kehidupan penduduk desa pada skala kecil yang mampu mendorong pemberdayaan ekonomi masyarakat. Kegiatan peternakan sapi perah yang dikembangbiakan dan dirawat dengan baik akan memperoleh hasil yang baik untuk meningkatkan kesejahteraan para budidaya peternak sapi perah. Koperasi PESAT ini merupakan satu-satunya koperasi yang mewadahi para peternak sapi perah di Banyumas, merupakan suatu organisasi ekonomi yang berwatak sosial dan merupakan pusat pelayanan kegiatan perekonomian yang diselenggarakan oleh dan untuk masyarakat guna meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan bagi anggotanya sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi masyarakat peternak sapi perah. Dalam penelitian ini, masalah yang diangkat yaitu bagaimana proses kemitraan peternak sapi perah dengan Koperasi PESAT di Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas dan apa saja program Koperasi PESAT Banyumas dalam mendorong pemberdayaan ekonomi peternak sapi perah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Reseach), penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif, dimana peneliti mengumpulkan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Sampel sumber ditentukan secara purpose sampling yaitu ketua dan pengelola Koperasi PESAT Banyumas, kemudian peternak sapi perah. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemitraan usaha peternak sapi perah dengan Koperasi PESAT Banyumas merupakan proses hubungan kemitraan dengan model pola inti plasma yaitu pola hubungan kemitraan antara kelompok mitra usaha sebagai plasma dengan perusahaan inti yang bermitra. Perusahaan inti menyediakan kebutuhan seperti manajemen, penampung, pengelola dan memasarkan hasil produksi, disamping itu inti tetap memproduksi kebutuhan perusahaan. Sedangkan mitra usaha sebagai plasma memenuhi kebutuhan perusahaan sesuai dengan persyaratan yang telah disepakati. Untuk indikator pemberdayaan ekonomi peternak sapi perah yaitu melalui program yang dibuat oleh koperasi seperti program unit-unit usaha, antara lain; simpan pinjam, unit usaha persusuan, unit pemasaran dan UKM Mart serta unit usaha peternakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemitraan, Koperasi, Peternak sapi perah
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.34 Koperasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Kalandari Aizatul Fatta
Date Deposited: 25 Jul 2023 02:39
Last Modified: 25 Jul 2023 02:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20473

Actions (login required)

View Item View Item