STRATEGI THE FOREST ISLAND PURWOKERTO MENGATASI SCARRING EFFECT PASCA PANDEMI DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KINERJA

YULI, HANA PUJI UTAMI (2023) STRATEGI THE FOREST ISLAND PURWOKERTO MENGATASI SCARRING EFFECT PASCA PANDEMI DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KINERJA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Yuli Hana Puji Utami_Strategi The Forest Island Purwokerto Mengatasi Scarring Effect Pasca Pandemi Dalam Meningkatkan Produktivitas Kinerja.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dampak pandemi covid-19 mengakibatkan pendapatan menurun sehingga wisata The Forest Island mengalami scarring effect. Scarring effect membuat produktivitas kinerja wisata The Forest Island mengalami penurunan, sehingga sangat disayangkan bila wisata The Forest Island tidak lekas bangkit. Mengingat wisata The Forest Island merupakan salah satu wisata yang banyak diminati sebab terdapat kolam renang khusus muslimah. Peningkatan produktivitas kinerja wisata perlu dilakukan supaya The Forest Island lebih banyak dikenal oleh wisatawan lokal maupun luar daerah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi dan implementasi yang digunakan wisata The Forest Island untuk mengatasi scarring effect pasca pandemi dalam meningkatkan produktivitas kinerja. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini melalui data primer berupa observasi maupun wawancara terhadap manajer atau koordinator karyawan wisata, karyawan, serta pengunjung. Sementara sumber data sekunder yang digunakan berupa jurnal, buku, serta penelitian sebelumnya yang relevan. Data-data penelitian diperoleh dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi The Forest Island mengatasi scarring effect dalam meningkatkan produktivitas kinerja yaitu dengan menggunakan strategi pengembangan produk wisata yaitu berupa penambahan wahana. Strategi memanfaatkan teknologi untuk pemasaran melalui media sosial. Strategi pemanfaatan lahan dengan menambah wisata baru. Strategi pengembangan sumber daya manusia yaitu mengadakan pelatihan. Strategi pengelolaan lingkungan yang digunakan yaitu menjaga kebersihan lingkungan wisata. Kemudian strategi kemitraan dengan jejaring kerja yaitu dengan menggandeng agen biro serta pihak terkait untuk bekerja sama. Kata Kunci: Strategi, Scarring Effect, Produktivitas Kinerja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Scarring Effect, Produktivitas Kinerja
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Yuli Hana Puji Utami
Date Deposited: 25 Jul 2023 02:22
Last Modified: 25 Jul 2023 02:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20466

Actions (login required)

View Item View Item