PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PEER TUTORING DAN PERSONALIZED SYSTEM OF INSTRUCTION KELAS X SMA NEGERI 1 BULAKAMBA

Hilda, Maulidya Utami (2023) PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PEER TUTORING DAN PERSONALIZED SYSTEM OF INSTRUCTION KELAS X SMA NEGERI 1 BULAKAMBA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Hilda Maulidya Utami_Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Statistika Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Peer Tutoring Dan Personalized System Of Instruction.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Bulakamba. Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan yang dimiliki siswa dalam menyampaikan ide-ide matematis baik yang dilakukan secara lisan, tulisan, diagram, atau menggunakan simbol matematika. Siswa dapat dengan mudah memahami konsep matematika dan menyelesaikan permasalahan yang ada ketika memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan metode peer tutoring dengan metode personalized system of instruction pada materi statistika kelas X SMA Negeri 1 Bulakamba. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Bulakamba yang berjumlah 430 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan undian untuk menentukan kelas mana yang akan dijadikan kelas eksperimen I dan eksperimen II. Sampel dari penelitian ini adalah kelas X2 yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas eksperimen I yang menggunakan metode peer tutoring dan X8 yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas eksperimen II yang menggunakan metode personalized system of instruction. Dari hasil uji rata-rata N-Gain diperoleh hasil bahwa kelas eksperimen I termasuk dalam kategori cukup efektif dengan rata-rata sebesar 71%. Sedangkan kelas eksperimen II termasuk dalam kategori efektif dengan nilai rata-rata 82%. Berdasarkan hasil uji t, nilai signifikan yang diperoleh sebesar 0,002 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan metode pembelajaran peer tutoring dan metode pembelajaran personalized system of instruction. Dengan hasil perolehan nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen II lebih besar dari kelas eksperimen I dan hasil dari uji t maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan metode pembelajaran peer tutoring dan metode pembelajaran personalized system of instruction.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode peer tutoring, Metode personalized system of instruction, Kemampuan komunikasi matematis
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Hilda Maulidya Utami
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:12
Last Modified: 24 Jul 2023 03:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20463

Actions (login required)

View Item View Item