PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SNOWBALLING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS IX DI SMP GUNUNGJATI 1 PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS

GHINA SEPTY, RIZKIA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SNOWBALLING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS IX DI SMP GUNUNGJATI 1 PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF K.H SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GHINA SELESAI.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurangnya kemampuan pemahaman matematis siswa. Peneliti memilih metode pembelajaran snowballing untuk mengatasi kurangnya kemampuan pemahaman matematis siswa ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran snowballing terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis penelitian eksperimen, karena ada pengaruh (treatment/perlakuan) yang diberikan dan desain yang digunakan adalah the pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Gunungjati 1 Purwokerto. Sampel dari penelitian ini adalah kelas IX C yang berjumlah 27 siswa dan kelas IX E yang berjumlah 21 siswa. Analisis data yang digunakan menggunakan uji t dan uji N-Gain dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran snowballing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IX SMP Gunungjati 1 Purwokerto. Dari hasil N-Gain menunjukan N-Gain kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 0,7315 yang dapat diklasifikasikan masuk kategori tinggi, dan pada kelas kontrol mendapat skor rata-rata N-Gain sebesar 0,4766 yang diklasifikasikan masuk kategori sedang. Sehingga, peningkatan kemampuan pemahaman masalah matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini penggunaan metode snowballing berpengaruh terhadap meningkatnya kemampuan pemahaman matematis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Snowballing, Kemampuan Pemahaman Matematis
Subjects: 000 Generalities > 080 General collections
100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ghina Septy Rizkia sdr
Date Deposited: 25 Jul 2023 02:58
Last Modified: 25 Jul 2023 02:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20453

Actions (login required)

View Item View Item