PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS V DALAM PEMBIASAAN PEMBACAAN AL ASMAU AL HUSNA DI MI MA'ARIF NU KARANGNANGKA KECAMATAN KEDUNGKANDANG KABUPATEN BANYUMAS

Zubaidah, Zubaidah (2023) PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS V DALAM PEMBIASAAN PEMBACAAN AL ASMAU AL HUSNA DI MI MA'ARIF NU KARANGNANGKA KECAMATAN KEDUNGKANDANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ZUBAIDAH_1817405181_BARU-2.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan lebih jauh tentang pembentukan karakter siswa dalam pembiasaan pembacaan Asmaul Husna di MI Ma’arif NU Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan. Untuk keperluan pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data penelitian menggunakan pola interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan keabsahan data. Hasil dari penelitia “Pembentukan Karakter Siswa Kelas V dalam Pembiasaan Pembacaan Asmaul Husna di MI Ma’arif NU Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas” bahwa pembentukan karakter diwujudkan melalui kegiatan pembiasaan pembacaan Asmaul Husna. Selain itu, ada juga beberapa kegiatan lain lain diantaranya ada pembiasaan pagi antara lain membaca doa sebelum dan setelah pembelajaran selesai, dan hafalan Al-Qur’an juz 30. Kemudian terdapat keiatan sholat dhuha berjamaah yang dilaksanakan pagi sebelum mulai pembiasaan Asmaul Husna yang diikuti oleh kelas III dan IV, saat jam istirahat dilaksanakan shalat dhuha berjamaah yang diikuti oleh kelas V dan VI. Selanjutnya di siang hari dilaksanakan shalat dhuhur berjamaah yang diikuti oleh seluruh siswa dan dewan guru yang sedang tidak berhalangan. Selain pembiasaan harian, terdapat juga kegiatan mingguan yaitu infak jum’at secara sukarela yang diikuti oleh seluruh siswa. Dari keseluruhan kegiatan-kegiatan tersebut tentunya mengandung nilai-nilai pembentukan karakter, seperti nilai religious, nilai jujur, nilai disiplin, nilai tanggung jawab, nilai toleransi, cinta damai dan ketakwaan yang semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.4 Do'a dan Zikir
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zubaidah Zubaidah sdri
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:09
Last Modified: 24 Jul 2023 08:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20438

Actions (login required)

View Item View Item