PENANAMAN NILAI AQIDAH MELALUI PEMBELAJARAN KITAB TA’LIM AL MUBTADIIN DI PONDOK PESANTREN AL-HUSNA PELITA HATI DUKUHTURI TEGAL QURROTUL AENI NIM 1917402201

QURROTUL, AENI (2023) PENANAMAN NILAI AQIDAH MELALUI PEMBELAJARAN KITAB TA’LIM AL MUBTADIIN DI PONDOK PESANTREN AL-HUSNA PELITA HATI DUKUHTURI TEGAL QURROTUL AENI NIM 1917402201. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI QURROTUL AENI (1917402201).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Akidah merupakan pokok utama terkait dengan keimanan seorang muslim dan sebagai landasan dari tindak perilakunya. Penanaman Nilai Akidah harus sudah diterapkan sejak dini, karena dengan penanaman akidah sejak dini akan lebih mudah diingat dan lebih melekat di hati. Tujuan penelitian untuk mengetahui proses penanaman nilai aqidah kalimat tauhid dan menanamkan cinta kasih anak-anak kepada Allah dan rosulnya, melalui pembiasaan ibadah kepada anak-anak agar mengetahui sifat-sifat allah dan rosulnya setiap kegiatan santri, memberikan nasehat yang baik kepada anak-anak yang tidak melakukan shalat fardhu atau kewajiban lainnya membiasakan berdoa setelah melakukan shalat fardhu dengan pembiasaan sholat berjamaah dan sholat sunnah. Metode yang digunakan penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, untuk menggambarkan hasil penelitian yang didapat. Jenis penelitian ini bertujuan membuat deskripsi secara sistematis, faktual, dan akurat tentang fakta-fakta obyek tertentu secara mendalam untuk menemukan pola yang muncul dalam peristiwa tersebut. Hasil penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran kitab Ta‟lim Al Mubtadiin) yang menjadi salah satu cara menanamkan nilai aqidah kepada santri di pondok pesantren AlHusna Pelita Hati dengan menggunakan metode hafalan, setoran dan nasihat, dengan pendekatan tekstual, kontekstual dan non ilmiah untuk evalusi dilaksanakan secara tertulis dan non tertulis. Dengan pembelajaran tersebut maka nilai akidah berhasil ditanamkan kepada santri sejak dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman nilai, Aqidah, Kitab Ta‟lim Al Mubtadiin
Subjects: 2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.07 Pendidikan, Penelitian Aqaid dan ilmu kalam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1917402201 Qurrotul Aeni
Date Deposited: 24 Jul 2023 01:57
Last Modified: 24 Jul 2023 01:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20411

Actions (login required)

View Item View Item