IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS SENI MUSIK DI SMK NEGERI 3 BANYUMAS

Irham, Fuadi (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS SENI MUSIK DI SMK NEGERI 3 BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
IRHAM FUADI_IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS SENI MUSIK DI SMK NEGERI 3 BANYUMAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan manajemen kurikulum berbasis seni musik di SMK N 3 Banyumas secara kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah waka kurikulum, waka sarpras, dan kepala prodi seni musik. Objek penelitian ini adalah manajemen kurikulum di SMK Negeri 3 Banyumas. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen Kurikulum Berbasis Seni Musik di SMK Negeri 3 Banyumas menunjukkan komitmen dan upaya yang kuat dalam memperkuat pendidikan seni musik di sekolah dengan beberapa faktor pendukung seperti adanya dukungan dari pihak sekolah, tersedianya sumber daya yang memadai, kerjasama dengan industri musik dan komunitas seni, serta kualifikasi dan kompetensi pengajar yang baik, kurikulum seni musik yang dirancang dengan mempertimbangkan perkembangan industri musik dan kearifan lokal menjadi salah satu kekuatan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Faktor penghambat yang perlu diatasi yaitu keterbatasan sumber daya, kurangnya dukungan dan pemahaman, tuntutan kurikulum yang padat, kualifikasi dan kompetensi pengajar yang terbatas, ketidakseimbangan antara teori dan praktik, serta tantangan industri musik dan kearifan lokal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: manajemen kurikulum pendidikan, kurikulum berbasis seni musik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Irham fuadi sdr
Date Deposited: 25 Jul 2023 04:15
Last Modified: 25 Jul 2023 04:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20401

Actions (login required)

View Item View Item