PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMPN 01 SOMAGEDE BANYUMAS

Olivia, Rahmadani (2023) PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMPN 01 SOMAGEDE BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
OLIVIA RAHMADANI_Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PAI dan BP pada KMB di SMPN 1 Somagede Banyums.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandangan masyarakat yang menilai pendidikan agama Islam hanya sebagai pengajaran keagamaan dan karakter saja. Faktanya sebagai generasi yang hidup di era milenial dibutuhkan kemampuan berpikir yang rasional dan sistematis. Terutama bagi peserta didik yang dituntut untuk mengembangkan kemampuan kognitifnya dalam menghadapi era yang semakin mengglobal melalui peran pendidikan agama Islam yang dijalankan di bawah aturan kurikulum merdeka belajar. Melalui kebijakan kurikulum merdeka belajar, berpikir kritis menjadi salah satu poin yang ditekankan dalam mewujudkan pelajar berkarakter Pancasila sesuai dengan konsep pendidikan yang dipegang saat ini. Sehingga dapat dirumuskan dalam penelitian ini bahwa bagaimana pembelajaran PAI dan budi pekerti dalam pengembangan berpikir kritis melalui kurikulum merdeka belajar disertai faktor pendukung dan penghambat dalam menjalankan pembelajaran PAI dan budi pekerti. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Menentukan subjek dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu memilih dengan mempertimbangkan beberapa kriteria tertentu. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara yang dilakukan pendidik dalam pengembangan berpikir kritis dilakukan dengan menentukan ketepatan dan mengoptimalkan seluruh komponen pembelajaran yang digunakan dan senantiasa memberikan ruang untuk peserta didik berdiskusi. Adapun faktor yang menyertainya yaitu konsistensi guru sebagai pendidik, penerapan student centered, motivasi dan semangat diri, kemampuan prasyarat yang dimiliki peserta didik serta situasi dan kondisi pembelajaran. Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti, Kurikulum Merdeka Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis, Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti, Kurikulum Merdeka Belajar
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Olivia Rahmadani sdri
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:40
Last Modified: 25 Jul 2023 03:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20396

Actions (login required)

View Item View Item