Ika, Purwati (2023) PENGARUH METODE MIND MAPPING JENIS MIND MAP SILABUS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Ika Purwati_PENGARUH METODE MIND MAPPING JENIS MIND MAP SILABUS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode mind mapping jenis mind map silabus terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karangreja Kabupaten Purbalingga. Kemampuan pemecahan masalah matematika adalah kualitas yang dimiliki seseorang untuk memecahkan masalah matematika sehingga tujuan yang ingin dicapai terselesaikan dengan baik. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika adalah model atau metode yang digunakan dalam pembelajaran. Peneliti memilih untuk menggunakan metode mind mapping jenis mind map silabus untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif (eksperimen) dengan desain Quasi Eksperimental Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 5 kelas. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VIII A yang berjumlah 26 siswa dan kelas VIII B yang berjumlah 22 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji t dan uji N-Gain dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode mind mapping jenis mind map silabus terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karangreja Kabupaten Purbalingga. Dari hasil N-Gain menunjukkan N-Gain kelas eksperimen termasuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,70 dan kelas kontrol termasuk dalam kategori sedang dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,54. Sehingga peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Kata Kunci: Mind Mapping, Pemecahan Masalah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mind Mapping, Pemecahan Masalah |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ika Purwati sdri |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 07:40 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 07:40 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20388 |
Actions (login required)
View Item |