Konsep Kepribadian Anak Sholehah Menurut Umar Bin Ahmad Baraja' Dalam Kitab Al-Akhlak Lil Banat Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam

RIZA, Riza Azlin (2023) Konsep Kepribadian Anak Sholehah Menurut Umar Bin Ahmad Baraja' Dalam Kitab Al-Akhlak Lil Banat Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam. Skripsi thesis, UIN SAEFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
RIZA AZLIN_1617402078.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh krisis kepribadian perempuan di negara Indonesia contohnya saja banyak kasus hamil diluar nikah biasanya dikarenakan orang tua yang kurang perhatian terutama pada anak perempuan sejak kecil, selain itu lingkungan sekitar juga kurang perhatian dan mendukung penerapan kepribadian anak sholehah. Kitab Al-Akhlaq Lil Banat jilid 1 sebagai salah satu solusi mengurangi permasalahan tersebut. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaiamana konsep kepribadian anak sholehah menurut Umar bin Ahmad Baraja’ dalam kitab Al-Akhlaq Lil Banat jilid 1? (2) Bagaimana implikasi konsep kerpibadian anak sholehah menurut Umar bin Ahmad Baraja dalam Al-Akhaq Lil Banat jilid 1 dalam pendidikan islam. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (libarary research). Metode pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi. Data primer menggunakan kitab Al-Akhlaq Lil Banat jilid 1 karya Umar bin Ahmad Baraja’, sedangkan data sekunder diperoleh internet, kitab, buku-buku tentang kepribadian, pendidikan dan yang berkaitan dengan penelitian. Analisi data dilakukan dengan menggunakan analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam kitab Al-Akhlak Lil Banat jilid 1 karya Umar bin Ahmad Baraja’ mengandung (1) bagaimana kepribadian anak sholehah yaitu mengarahkan kepada anak agar mempunyai aqidah yang bersih, ibadah yang benar, akhlak yang kokoh, intelek yang berfikir, teratur dalam segala urusan, dan menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. (2) implikasi dalam pendidikan islam berdampak positif bagi penanggung jawab,pondok pesantren,dan materi pendidikan islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep, kepribadian, Anak Sholehah, Implikasi, Pendidikan, dan Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Riza Azlin sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:28
Last Modified: 28 Jul 2023 06:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20387

Actions (login required)

View Item View Item