IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV MI AL MASRURIYAH KEBUMEN KABUPATEN BANYUMAS

Ezrika Novita, Krestiana (2023) IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV MI AL MASRURIYAH KEBUMEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ezrika Novita Krestiana_Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran IPA di Kelas IV MI Al Masruriyah Kebumen Kabupaten Banyumas .pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pendekatan Contextual teaching and Learning merupakan suatu tolok ukur dalam pembelajaran yang menekankan peserta didik pada pemahaman akademiknya dalam melakukan berbagai konteks kehidupannya secara lebih konkret dan mendapatkan proses pembelajaran bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran IPA di Kelas IV MI Al Masruriyah Kebumen Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti ialah MI Al Masruriyah Kebumen Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas dengan memperoleh data yang bersumber dari Kepala Madrasah, guru kelas IV, dan peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendekatan contextual teaching and learning dalam pembelajaran IPA guru kelas IV menekankan pengalaman langsung dan siswa lebih mandiri untuk belajar, dan menemukan pengetahuan baru melalui praktik sederhana berdasarkan kehidupan yang pernah dialami siswa. Dari kegiatan pengalaman belajar secara nyata akan terlihat bahwa siswa saling menjalin keterkaitan antara pengalaman dengan materi yang dipelajari, siswa mengeksplorasi dengan menemukan pengetahuan baru, kemudian mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh dengan bercerita, saling melakukan kerja sama antar siswa, dan mampu mengerjakan tugas-tugas berkaitan dengan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Pembelajaran IPA
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ezrika Novita Krestiana
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:14
Last Modified: 25 Jul 2023 03:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20384

Actions (login required)

View Item View Item