KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MEMBENTUK KONSEP DIRI REMAJA AKHIR DI DESA TELAGA KECAMATAN BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES

Mahiatun, Hasanah (2023) KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MEMBENTUK KONSEP DIRI REMAJA AKHIR DI DESA TELAGA KECAMATAN BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN PROF. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MAHIATUN HASANAH_KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MEMBENTUK KONSEP DIRI REMAJA AKHIR DI DESA TELAGA KECAMATAN BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena emosional remaja akhir di dusun Telaga yang kurang diperhatikan serta pengendalian emosi pada remaja akhir yang masih kurang terkontrol. Peneliti mendapati adanya remaja akhir yang bersikap mudah terbawa suasana. Misalnya pada saat bercanda dengan mahasiswa KKN, mereka sangat mudah marah jika ada candaan yang kurang enak didengar oleh mereka, dan mereka mudah sekali terbawa perasaan suka kepada mahasiswa KKN ketika ada sedikit candaan yang berkaitan dengan cinta. Maka dari itu remaja akhir sangat diharapkan memiliki konsep diri akan dirinya baik untuk segi kecerdasan emosionalnya ataupun segi yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi emosional, konsep diri dan adakah pengaruh kecerdasan emosional dalam pembentukan konsep diri remaja akhir di Desa Telaga serta mengetahui apakah emosional mempengaruhi konsep diri yang terbentuk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian berjumlah empat orang remaja akhir yaitu Ijal, Jahri, Arya, dan Amnu. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk pengungkapan emosi para subjek lebih dominan ditunjukkan dengan bersikap diam. Tiga subjek menyikapi dengan sikap diam, sedangkan satu subjek melampiaskan emosinya pada orang sekitar. Emosional pada diri masing-masing subjek mempengaruhi konsep diri yang terbentuk, dua orang subjek memiliki konsep diri positif, sedangkan dua subjek lainnya memiliki konsep diri negatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional, konsep diri, remaja akhir
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services > 362.7 Problem and Service to Young People (Anak dan Remaja)
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: MAHIATUN HASANAH sdri
Date Deposited: 25 Jul 2023 02:31
Last Modified: 25 Jul 2023 02:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20383

Actions (login required)

View Item View Item