IMPLEMENTASI METODE JARIMATIKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS 5 MI MUHAMMADIYAH SINGASARI KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS

Farah Edhar, Khaerunisa (2023) IMPLEMENTASI METODE JARIMATIKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS 5 MI MUHAMMADIYAH SINGASARI KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Farah Edhar Khaerunisa_Implementasi Metode Jarimatika pada Pembelajaran Matematika di Kelas 5 MI Muhammadiyah Singasari Karanglewas Kabupaten Banyumas.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Saat ini pelajaran matematika menjadi salah satu pelajaran yang ditakutkan oleh peserta didik dalam pembelajaran karena dianggap sulit, sehingga banyak peserta didik yang tidak menyukai matematika. Ada satu metode yang dapat membantu peserta didik dalam belajar matematika secara menyenangkan dan memudahkan peserta didik berhitung, diantaranya jarimatika. Jarimatika merupakan singkatan dari dua istilah yaitu jari dan aritmatika, metode berhitung dengan menggunakan jari tangan, jarimatika ialah teknik berhitung dengan menggunakan jari-jari tangan. Metode jarimatika ini pertama kali ditemukan oleh Septi Peni Wulandani. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi metode jarimatika pada pembelajaran matematika di Kelas 5 MI Muhammadiyah Singasari Karanglewas Kabupaten Banyumas dan menganalisis implikasi metode jarimatika pada pembelajaran matematika di Kelas 5 MI Muhammadiyah Singasari Karanglewas Kabupaten Banyumas. Rumusan masalah yang diangkat dalam riset ini adalah bagaimana implementasi metode jarimatika pada pembelajaran matematika di Kelas 5 MI Muhammadiyah Singasari Karanglewas Kabupaten Banyumas dan bagaimana implikasi metode jarimatika pada pembelajaran matematika di Kelas 5 MI Muhammadiyah Singasari Karanglewas Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berjenis deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh peneliti melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi pada saat penelitian. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru kelas 5 dan peserta didik kelas 5. Penelitian ini menggunakan analisis data menurut model Miles dan Huberman. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa: Pertama, implementasi metode jarimatika pada pembelajaran matematika di Kelas 5 MI Muhammadiyah Singasari Karanglewas Kabupaten Banyumas, terdapat beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Dalam pelaksanaannya sudah sesuai dengan teori, baik itu pada pembelajarannya maupun langkah-langkah berhitung perkalian menggunakan metode jarimatika. Kedua, implikasi metode jarimatika pada pembelajaran matematika di Kelas 5 MI Muhammadiyah Singasari Karanglewas Kabupaten Banyumas, metode jarimatika ini dapat membantu peserta didik dalam menyelesaikan perkalian dasar agar tidak terpaku pada hafalan dengan melihat tabel perkalian dasar yang ada di dinding kelas, meningkatkan prestasi, motivasi dan kemampuan berhitung peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Jarimatika, Pembelajaran Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Farah Edhar Khaerunisa
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:11
Last Modified: 24 Jul 2023 08:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20379

Actions (login required)

View Item View Item