KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MI MIFTAHUL JANNAH KUNTILI BANYUMAS

Ismi, Rahmawati (2023) KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MI MIFTAHUL JANNAH KUNTILI BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ISMI RAHMAWATI Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV di MI Miftahul Jannah Kuntili Banyumas.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai kreativitas guru dalam pembelajaran tematik. Yang mana guru mampu dalam mengelola kelas dengan mengeluarkan kreativitasnya dalam pembelajaran menciptakan strategi pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa agar dapat tercipta suasana kelas yang nyaman dan kondusif. Dalam penelitian ini akan dibahas dengan rumusan masalah bagaimana kreativitas guru yang dilakukan dalam pembelajaran tematik di kelas IV. Untuk mendeskripsikan pembahasan ini, maka pendekatan yang dibutuhkan adalah macam kreativitas yang dipraktikan guru dalam pembelajaran tematik di kelas IV. Sehingga penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Yang akan menggali lebih dalam melalui informasi dari guru kelas IV dan kepala sekolah di MI Miftahul Jannah Kuntili Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas. Yang dibutuhkan untuk mengumpulkan data yaitu menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses pembelajaran di kelas IV ini berdasarkan observasi yang telah dilakukan peneliti bahwa guru kelas IV dalam melakukan pembelajaran tematik telah memenuhi indikator kreativitas guru, diantaranya (1) sikap kelancaran dalam menggunakan metode pembelajaran yang dibuktikan dengan guru menggunakan metode pembelajaran seperti metode inquiry serta diskusi kelompok agar siswa tidak bosan karena juga dilatih untuk mengasah kreativitas dan menyampaikan pendapat, (2) sikap keluwesan dibuktikan dengan kreativitas guru dalam mengevaluasi pembelajaran dalam bentuk lisan dan tulis dan menerapkan punishment atau peringatan bagi siswa yang masih belum lancar dalam membaca yaitu dengan membaca setiap pagi sebelum pembelajaran di depan teman-temannya, (3) sikap keaslian dibuktikan dengan adanya ide dari guru berupa kesempatan kepada siswa yang berani menjelaskan daur hidup hewan sesuai dengan inisial nama siswa tersebut, (4) sikap elaborasi dibuktikan dengan guru menjelaskan materi daur hidup hewan dengan secara jelas dan detail, (5) sikap redefinisi dibuktikan dengan guru memandang siswa yang masih terlambat dalam memahami pembelajaran bukanlah siswa bodoh melainkan kita harus lebih memberikan sedikit strategi yang berbeda agar materi belajar dapat tersampaikan dengan baik kepada semua siswa. Dengan dilakukannya penelitian ini maka menurut penulis sangat baik untuk diteliti lebih lanjut agar dapat menggali lebih dalam kreativitas-kreativitas guru lain dalam melakukan proses pembelajaran yang nantinya dapat menjadi referensi dan gambaran bagi para calon guru di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, Pelaksanaan Pembelajaran, Pembelajaran Tematik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ismi Rahmawati sdri
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:31
Last Modified: 24 Jul 2023 02:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20375

Actions (login required)

View Item View Item