KIAI KHOLILUDIN KAJIAN BIOGRAFI DAN SUMBANGSIHNYA DI PONDOK PESANTREN EL-BAYAN BENDASARI KEC. MAJENANG KAB. CILACAP (1951-2021)

Syahrun Nizam, Azzidani (2023) KIAI KHOLILUDIN KAJIAN BIOGRAFI DAN SUMBANGSIHNYA DI PONDOK PESANTREN EL-BAYAN BENDASARI KEC. MAJENANG KAB. CILACAP (1951-2021). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Syahrun Nizam Azzidani_Kiai Kholiludin Kajian Biografi dan Sumbangsihnya di Pondok Pesantren El-Bayan Bendasari Kec. Majenang Kab. Cilacap (1951-2021).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kiai Kholiludin, awalnya belajar di pondok pesantren Lirap Kebumen. Kemudian, masa awal pendidikannya ditempuh pada tahun 1965-1969. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya di PPBM (Pondok Pesantren Bedasari Majenang). Semasa mengenyam pendidikan ia ditunjuk langsung untuk menjadi pengajar. Ia dihormati sebagai kiai oleh santri dan masyarakat karena ia memiliki kedalaman yang baik dalam ilmu agama Islam. Oleh karena itu, ia mendedikasikan dirinya untuk pondok pesantren dimulai dari ia menjadi santri di pesantren itu sampai akhir hayatnya. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang meliputi heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Untuk menganalisis terkait dengan penelitian ini, peneliti menggunakan teori biografi dan teori rasionalitas nilai. Teori tersebut digunakan untuk mendeskripsikan perjalanan hidup kiai kholiludin. Teori rasionalitas nilai digunakan untuk mengetahui tindakan sosial yang dilakukan Kiai Kholiludin baik sumbangsih di pondok pesantren ataupun dalam sosial masyarakat. Hasil penelitian ini adalah Kiai Kholiludin lahir di desa Sibrama Kemranjen pada tanggal 12 Desember 1951 dari pasangan H. Muhammad Thohir dan Thoyibah. Ia merupakan anak kedua dari tujuh bersaudara. Mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Lirap (1965- 1969) dan Pondok Pesantren El-Bayan (1969-2021). Sumbangsih Kiai Kholiludin di Pondok pesantren El-Bayan diantaranya bidang pendidikan tercatat sebagai tenaga pengajar Madrasah Diniyah, membangun moralitas santri, dan bidang sosial keagamaan rumahnya dijadikan pusat pengajian dan ia aktif sebagai pengisi acara pengajian masyarakat desa Padang Jaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kiai Kholiludin, Biografi, kontribusi
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.8 Biografi tokoh-tokoh/pemuka-pemuka Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Syahrun nizam azzidani
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:40
Last Modified: 24 Jul 2023 07:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20369

Actions (login required)

View Item View Item