STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SD IT HARAPAN BUNDA 2 PURWOKERTO

Rohayati, Rohayati (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SD IT HARAPAN BUNDA 2 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ROHAYATI_STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJ.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SD IT HARAPAN BUNDA 2 PURWOKERTO ROHAYATI NIM 1917405112 Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika dan untuk mengetahui apa saja kendala guru dalam proses meningkatkan motivasi belajar siswa di SD IT Harapan Bunda 2 Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Guru matematika, dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Matematika di SD IT Harapan Bunda 2 Purwokerto yaitu melalui beberapa upaya yang telah diterapkan oleh guru antara lain: kesiapan fisik dan mental, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan minat dan motivasi, menggunakan strategi belajar, metode pembelajaran yang bermacam-macam, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, memberikan apresiasi (hadiah)/hukuman, evaluasi pembelajaran. Kedua, faktor pendukung adanya dukungan dari warga sekolah serta sarana dan prasarana, dan pemilihan metode, strategi, media yang baik dalam proses pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya persiapan dari guru, kurangnya kepedulian siswa terhadap materi yang dijelaskan, masih ada siswa yang mengobrol sendiri dan belum aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Kata Kunci: Strategi Guru, Motivasi Belajar, Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi Guru, Motivasi Belajar, Pembelajaran Matematika
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ROHAYATI ROHAYATI sdri
Date Deposited: 24 Jul 2023 06:32
Last Modified: 24 Jul 2023 06:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20365

Actions (login required)

View Item View Item