Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi pada Materi Peluang untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII di MTs Al-Hidayah Purwokerto

Dian, Fulana (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi pada Materi Peluang untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII di MTs Al-Hidayah Purwokerto. Skripsi thesis, UIN PROF. K. H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Dian Fulana_Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi pada Materi Peluang untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII di MTs Al-Hidayah Purwokerto..pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII MTs Al-Hidayah Purwokerto. Kemampuan pemahaman matematis merupakan suatu pengetahuan siswa tentang konsep, prinsip, prosedur, dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman matematis siswa di MTs Al-Hidayah Purwokerto adalah pembelajaran masih menggunakan media pembelajaran konvensional yang menyebabkan siswa menjadi cepat bosan dan sulit dalam memahami pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran game edukasi yang valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Hidayah Purwokerto yang berjumlah 56 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sampling jenuh yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Sehingga sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII A yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran game edukasi dinyatakan valid dan layak digunakan dengan hasil presentase pada validasi ahli materi sebesar 78,33%, ahli media sebesar 71,25%, penilaian guru sebesar 96,36%, penilaian uji coba kelompok kecil sebesar 90,90%, dan penilaian uji lapangan sebesar 82,32%. Selanjutnya game edukasi yang dikembangkan juga dinyatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan hasil skor N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,83 dan berada pada kategori tinggi, lebih baik dari skor N-Gain kelas kontrol sebesar 0,37 dan berada pada kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media game edukasi valid dan efektif. sebagai media pembelajaran pada materi peluang kelas VIII di MTs Al-Hidayah Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Game Edukasi, Kemampuan Pemahaman Matematis, dan Matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Dian Fulana sdri
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:19
Last Modified: 25 Jul 2023 03:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20342

Actions (login required)

View Item View Item