IMPLEMENTASI METODE KOMUNIKASI TOTAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNARUNGU DI SLB PURBA ADHI SUTA PURBALINGGA

Siti, Khafsoh (2023) IMPLEMENTASI METODE KOMUNIKASI TOTAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNARUNGU DI SLB PURBA ADHI SUTA PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Siti Khafsoh_Implementasi Metode Komunikasi Total .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI METODE KOMUNIKASI TOTAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNARUNGU DI SLB PURBA ADHI SUTA PURBALINGGA Siti Khafsoh 1917402039 Abstrak Anak tunarungu memiliki keterbatasan dalam berkomunikasi dan berbahasa, hal itu dikarenakan anak tunarungu kehilangan pendengarannya, baik secara keseluruhan ataupun masih memiliki sisa pendengaran. Dalam masalah pendidikan anak tunarungu mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran, dikarenakan metode yang digunakan tidak sesuai dengan kondisi anak tunarungu dan materi pelajaran. Hal itu membuat anak tunarungu mengalami kesulitan dalam pembelajaran. Sehingga dibutuhkan metode yang dapat menangani masalah tersebut. Metode yang tepat untuk menangani masalah tersebut adalah metode komunikasi total. Metode komunikasi total adalah suatu metode yang diterapkan kepada anak tunarungu yang mana metode ini merupakan gabungan dari berbagai macam metode, yaitu metode oral (lisan), metode membaca ujaran (gerakan bibir), dan metode manual (bahasa isyarat). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan metode komunikasi total dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak tunarungu di SLB Purba Adhi Suta Purbalingga. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research) yang berlokasi di SLB Purba Adhi Suta Purbalingga. Subjek penelitian ini adalah kepala SLB, wakil ketua kurikulum, guru PAI SMP dan SMA, anak tunarungu tingkat SMP dan SMA. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahapan yang dilakukan yakni, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data serta triangulasi sebagai uji keabsahan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode komunikasi total dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan pada anak tunarungu disesuaikan dengan kondisi anak tunarungu dan materi pembelajaran, sehingga anak tunarungu mudah berkomunikasi dengan orang lain dan terhindar dari kesalahpahaman (miscomunication). Implikasi implementasi metode komunikasi total mempunyai nilai positif bagi anak tunarungu dalam kegiatan non-akademik, mereka dapat mencetak prestasi dengan mengikuti berbagai macam perlombaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Komunikasi Total, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Anak Tunarungu
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Khafsoh sdr
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:00
Last Modified: 24 Jul 2023 08:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20327

Actions (login required)

View Item View Item