Implementasi Strategi KWL (Know-Want to Know- Learned) dalam Kemampuan Membaca Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III MI Muhamadiyah Beji Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas

Vina Aenul, Fitri (2023) Implementasi Strategi KWL (Know-Want to Know- Learned) dalam Kemampuan Membaca Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III MI Muhamadiyah Beji Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Vina Aenul Fitri_Implementasi strategi KWL (Know Want To Know-Learned) dalam Kemampuan Membaca Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III MI Muahamadiyah Beji Kedungbanteng Banyumas.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Abstrak : Kemampuan membaca merupakan perkembangan sesorang dalam memahami pengetahuan, membantu dalam berkomunikasi dan berbahasa. Terdapat beberapa siswa dari kelas 3 masih kurang dalam memahami suatu bacaan. Sehingga hal ini menjadi perhatian khusus guru kepada siswa dalam memilih strategi pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi strategi pembelajaran KWL (Know-Want to Know-Learned) dalam kemampuan membaca siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 Mi Muhamadiyah Beji Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupkan penelitian kualitatif deskriptif. Dengan menggunakanan teknik pengumpulan data berupa data wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis datanya menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi/menarik kesimpulan. Serta menggunakan teknik uji keabsahan berupa triangulasi sumber, triangulasi teknik dan truangulasi waktu. Hasil dari penelitiam ini menunjukan bahwa implementasi strategi pembelajaran KWL (Know-Want-to Know-Learned) berperan penting dalam kemampuan membaca siswa. Adapun perananya berupa perencanaan yang maksimal dan pelaksanaan strategi yang terarah dan tersusun secara sistematis sesuai dengan perencanaan serta hasil evaluasi yang diperoleh siswa berupa perkembangaan siswa dalam memahami bacaan. Dikatakan penting karena dalam evaluasinya menunjukkan hasil yang baik yaitu setelah diterapkannya strategi KWL ini kemampuan membaca siswa meningkat yang awalnya ada 7 siswa yang belum bisa memahami suatu bacaan, setelah proses penerapan strategi KWL ini menjadi 3 siswa yang masih dalam bimbingan guru dalam kemampuan membeaca berupa pengayaan setelah pulan sekolah namun sebelumya guru sudah menginformasikan kepada wali murid sebul diadakannya mengayaan. Jenis kemampuan membaca siswa yaitu membaca nyaring dan membaca senyap. Faktor penghambat dapat diatasi dengan dukungan dalam kegiatan yang efektif dan kondusif. Kata kunci : Strategi KWL (Know- Want- to Know-Learned), Kemampuan membaca, pembelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi KWL (Know- Want- to Know-Learned), Kemampuan membaca, pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Vina Aenul Fitri sdri
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:47
Last Modified: 18 Jul 2023 07:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20311

Actions (login required)

View Item View Item