ANALISIS PERAN GANDA TENAGA KERJA PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI KELUARGA MENURUT PERSPEKTIF ISLAM (STUDI KASUS TENAGA KERJA INDUSTRI RAMBUT PALSU CV. BINTANG REMA UTAMA KECAMATAN KEDUNGBANTENG, KABUPATEN BANYUMAS)

Elsa, Bela Kurnia (2023) ANALISIS PERAN GANDA TENAGA KERJA PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI KELUARGA MENURUT PERSPEKTIF ISLAM (STUDI KASUS TENAGA KERJA INDUSTRI RAMBUT PALSU CV. BINTANG REMA UTAMA KECAMATAN KEDUNGBANTENG, KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Elsa Bela Kurnia_Analisis Peran Ganda Tenaga Kerja Perempuan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Keluarga Menurut Perspektif Islam (Studi Kasus Tenaga Kerja Industri Rambut Palsu CV. Bintang Rema Utama Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Partisipasi perempuan dalam dunia kerja memberikan dampak terhadap kesejahteraan keluarga. Salah satu alasan utama mengapa perempuan memilih untuk bekerja adalah karena kebutuhan ekonomi keluarga yang belum terpenuhi. Situasi ini menyebabkan perempuan harus mengemban dua peran sekaligus, yaitu peran domestik untuk mengurus rumah tangga dan peran publik sebagai pekerja untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Peran perempuan yang sangat penting ini memiliki kontribusi besar terhadap keberhasilan keluarga dalam mencapai kesejahteraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran ganda tenaga kerja perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga dalam perspektif Islam serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi tenaga kerja perempuan dalam melakukan peran gandanya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (filed research) yang menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Indikator kesejahteraan menurut ekonomi Islam dibagi menjadi tiga indikator yaitu penjagaan agama, menghilangkan rasa takut/kecemasan, dan memenuhi kebutuhan pangan. Dari ke-8 informan telah memenuhi ketiga indikator tersebut. Sehingga peran ibu rumah tangga dan pekerja pabrik CV. Bintang Rema Utama dalam meningkatkan ekonomi keluarga telah sesuai dengan konsep kesejahteraan menurut perspektif Islam. Kendala yang dihadapi perempuan dalam melaksanakan peran gandanya yaitu berkurangnya waktu untuk keluarga, terutama anak, berkurangnya interaksi dengan masyarakat dan lelah fisik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Ganda, Tenaga Kerja perempuan, Kesejahteraan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Elsa Bela Kurnia
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:40
Last Modified: 18 Jul 2023 07:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20306

Actions (login required)

View Item View Item