EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP N 1 BATURADEN

AZKIYAH, AZKIYAH (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP N 1 BATURADEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
UPT PERPUSTAKAAN UIN SAIZU __ Library Automation System.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang rendah. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes pendahuluan dengan nilai rata-rata sebesar 24,00 yang dilakukan dengan siswa kelas VIII SMP N 1 Baturaden. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa perlu dilakukan pembaharuan pada model pembelajaran inovatif yang diterapkan oleh guru. Model pembelajaran yang diterapkan harus mampu menarik perhatian murid melalui keterlibatan murid dalam proses pembelajaran, memfasilitasi kebutuhan belajar murid yang beragam serta memicu keaktifan murid untuk memperoleh pengetahuan dan pemahaman secara mandiri. Dengan hal itu pembelajaran akan lebih menarik dan dapat membangkitkan kegiatan belajar yang efektif dan sasaran yang akan dicapai dari pembelajaran bisa terlaksana dengan baik, sehingga hasil belajar yang diinginkan bisa tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran reciprocal teaching dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian yang berbentuk penelitian eksperimen dengan tipe Quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pretest dan Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengambil populasi seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Baturaden dan sampel yang digunakan diambil dengan teknik class random sampling dengan hasil sampel yang diperoleh adalah siswa kelas VIII A dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VIII B dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dengan jumlah 98 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa tes uraian yang terdiri dari pretest dan posttest. Hasil penelitian diperoleh adanya perbedaan antara nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dikenai model pembelajaran reciprocal teaching lebih dari atau mengalami kenaikan dibandingkan dengan yang tidak dikenai model pembelajaran tersebut yakni dilihat dari uji Mann Whitney U Test dengan hasil nilai Asym. Signifikansi (2-tailed) 0,003 0,005 maka, H0 ditolak dan Ha diterima. Model pembelajaran reciprocal teaching dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan diperoleh hasil rata-rata uji N-Gain pada kelas eksperimen 62% dengan tafsiran cukup efektif dan kelas kontrol dengan perolehan sebesar 28% dengan tafsiran tidak efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Azkiyah Azkiyah sdri
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:38
Last Modified: 18 Jul 2023 07:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20303

Actions (login required)

View Item View Item