PENGARUH BIAYA ADMINISTRASI, BIAYA PENITIPAN (UJRAH) DAN DENDA KETERLAMBATAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH GADAI EMAS (STUDI KASUS UNIT PEGADAIAN SYARIAH SENOPATI PURWOKERTO)

Ayu, Oktiana (2023) PENGARUH BIAYA ADMINISTRASI, BIAYA PENITIPAN (UJRAH) DAN DENDA KETERLAMBATAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH GADAI EMAS (STUDI KASUS UNIT PEGADAIAN SYARIAH SENOPATI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ayu Oktiana_Pengaruh Biaya Administrasi, Biaya Penitipan (Ujrah) dan Denda Keterlambatan terhadap Kepuasan Nasabah Gadai Emas (Studi Kasus Unit Pegadaian Syariah Senopati Purwokerto).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Gadai Emas Syariah (rahn) merupakan pemberian pinjaman menggunakan jaminan emas dan berlian yang terikat emas sebagai sistem gadai, yang tersedia untuk semua golongan nasabah untuk kebutuhan konsumtif maupun produktif mereka yang berlandaskan prinsip syariah. Kepuasan nasabah terhadap produk dan layanan yang diberikan sangat penting bagi perusahaan. Berdasarkan dari teori kepuasan nasabah, faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah yaitu kualitas pelayanan atau jasa, kualitas produk, harga, emosional, biaya, faktor situasi, dan faktor pribadi dari konsumen. Untuk itulah, penelitian ini akan mengkaji seberapa besar pengaruh biaya administrasi, biaya penitipan (ujrah), dan denda keterlambatan terhadap kepuasan nasabah gadai emas syariah di Unit Pegadaian Syariah Senopati baik secara parsial maupun simultan. Berdasarkan fokus permasalahan yang akan dikaji peneliti, maka penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel independen, yaitu biaya administrasi, biaya penitipan (ujrah), dan denda keterlambatan sedangkan untuk variabel dependennya, yaitu kepuasan nasabah. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden dengan metode incidental sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kemudian, analisis data yang digunakan, yaitu analisis statistik deskriptif, regresi linier berganda, dan melakukan uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, heteroskedastisitas, dan multikolinearitas dengan menggunakan IBM SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya administrasi, biaya penitipan dan denda keterlambatan dari hasil uji t memiliki nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yang artinya terdapat pengaruh positif signifikansi secara parsial antara ketiga variabel tersebut terhadap kepuasan nasabah di Unit Pegadaian Syariah Senopati. Kemudian, pada hasil uji F (simultan) secara simultan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara biaya administrasi, biaya penitipan, dan denda keterlambatan terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan produk gadai emas syari’ah di Unit Pegadaian Syariah Senopati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Biaya Administrasi, Biaya Penitipan, Denda Keterlambatan, Kepuasan Nasabah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam (Ariyah, Riba, Sewa, Hiwalah, Rahn, Jialah, Asuransi, Dhoman)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
300 Social sciences > 340 Law > 346 Private law (perdata) > 346.08 Banking & Insurance Law
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ayu Oktiana sdri
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:36
Last Modified: 18 Jul 2023 07:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20301

Actions (login required)

View Item View Item