IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MA'ARIF BUKATEJA PURBALINGGA

Fika, Hidayati (2023) IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MA'ARIF BUKATEJA PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fika Hidayati_Implementasi Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Ma'arif Bukateja Purbalingga.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran hingga dewasa ini masih menjadi kekuasaan guru yang tidak memberikan akses bagi peserta didik untuk berkembang secara mandiri melalui penemuan dan proses berfikirnya. Sehingga pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan pada umumnya masih belum menunjukan hasil yang memuaskan, upaya guru kearah peningkatan kualitas proses belajar mengajar belum optimal. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif dengan cara penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi yang digabungkan menjadi triangulasi data. Teknik analisis data penelitian menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan hasil penelitian tentang implementasi model project based learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Ma’arif Bukateja yaitu terdapat 3 (tiga) tahapan kegiatan yang dilakukan pada saat pembelajaran, diantaranya: (1) Kegiatan pendahuluan yang dilakukan dalam membuka pembelajaran adalah salam, membaca Al-Qur’an surat Al-Waqi’ah, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Subhanul Wathon, berdoa sebelum pembelajaran dimulai, memeriksa kehadiran, mengaitkan materi terdahulu dengan materi yang akan dipelajari. (2) Kegiatan inti dimulai dengan pertanyaan esensial, persiapan sumber belajar, menjelaskan proyek, membuat desain proyek, membuat jadwal, pembagian kelompok, pengerjaan proyek, memantau peserta didik dan kemajuan proyek serta menilai hasil. (3) Kegiatan penutup diakhiri dengan memberikan doa dan motivasi kepada peserta didik, membaca hamdalah, doa kafaratul majlis dan salam. Kata Kunci: Project Based Learning, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 800 Literature and rhetoric > 801 Philosophy and theory
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fika Hidayati sdri
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:28
Last Modified: 18 Jul 2023 07:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20300

Actions (login required)

View Item View Item