Fika, Hidayati (2023) IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MA'ARIF BUKATEJA PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Fika Hidayati_Implementasi Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Ma'arif Bukateja Purbalingga.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Proses pembelajaran hingga dewasa ini masih menjadi kekuasaan guru yang tidak memberikan akses bagi peserta didik untuk berkembang secara mandiri melalui penemuan dan proses berfikirnya. Sehingga pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan pada umumnya masih belum menunjukan hasil yang memuaskan, upaya guru kearah peningkatan kualitas proses belajar mengajar belum optimal. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif dengan cara penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi yang digabungkan menjadi triangulasi data. Teknik analisis data penelitian menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan hasil penelitian tentang implementasi model project based learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Ma’arif Bukateja yaitu terdapat 3 (tiga) tahapan kegiatan yang dilakukan pada saat pembelajaran, diantaranya: (1) Kegiatan pendahuluan yang dilakukan dalam membuka pembelajaran adalah salam, membaca Al-Qur’an surat Al-Waqi’ah, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Subhanul Wathon, berdoa sebelum pembelajaran dimulai, memeriksa kehadiran, mengaitkan materi terdahulu dengan materi yang akan dipelajari. (2) Kegiatan inti dimulai dengan pertanyaan esensial, persiapan sumber belajar, menjelaskan proyek, membuat desain proyek, membuat jadwal, pembagian kelompok, pengerjaan proyek, memantau peserta didik dan kemajuan proyek serta menilai hasil. (3) Kegiatan penutup diakhiri dengan memberikan doa dan motivasi kepada peserta didik, membaca hamdalah, doa kafaratul majlis dan salam. Kata Kunci: Project Based Learning, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 800 Literature and rhetoric > 801 Philosophy and theory 800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fika Hidayati sdri |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 07:28 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 07:28 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20300 |
Actions (login required)
View Item |