PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH FICTION PADA MATERI PELUANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PURWOKERTO

Irna, Maifatur Rohmah (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH FICTION PADA MATERI PELUANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
IRNA MAIFATUR ROHMAH_PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH FICTION PADA MATERI PELUANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PURWOKERTO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Matematika tidak hanya seputar hitung menghitung saja, namun juga menuangkan ide untuk menyelesaikan permasalahan. Hal ini erat kaitannya dengan komunikasi matematis. Namun realitanya siswa mengalami kesulitan dalam menyampaikan ide yang dimilikinya. Media pembelajaran flash fiction diperkirakan dapat membantu masalah ini dalam proses pembelajaran. Flash fiction merupakan prosa yang sangat singkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran flash fiction pada materi peluang untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Populasi dalam penelitian adalah kelas VIII SMP Negeri 2 Purwokerto yang terdiri dari 9 kelas dan sampel yang digunakan yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran flash fiction pada materi peluang kelas VIII valid serta pengembangan media pembelajaran flash fiction pada materi peluang efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Purwokerto. Hasil validasi media sebesar 93%, ahli materi 83,66% dan ahli bahasa 90,7% dengan kriteria sangat valid pada ketiganya. Respon terhadap produk berada pada kriteria sangat layak, yakni kelompok kecil sebesar 86,67% dan kelompok eksperimen sebesar 88%. Sedangkan respon guru 80% dengan kriteria layak. Efektivitas media pembelajaran flash fiction pada materi peluang ditunjukkan dengan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen yakni rata-rata skor N-Gain 0,59 lebih besar dari kelas kontrol dengan rata-rata skor N-Gain yakni 0,39. Untuk menguji hipotesis dikenakan uji t independent sample menunjukkan adanya perbedaan rata-rata skor N-Gain antara keduanya dengan diperolehnya nilai signifikansi Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flash fiction pada materi peluang efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Flash Fiction, Media Pembelajaran, Komunikasi Matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Irna Maifatur Rohmah
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:27
Last Modified: 24 Jul 2023 08:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20294

Actions (login required)

View Item View Item