DINAMIKA KONVERSI AGAMA DAN DAMPAK SOSIAL MASYARAKAT DI DESA ADIMULYA, KECAMATAN WANAREJA, KABUPATEN CILACAP

Kiki Nur, Imasari (2023) DINAMIKA KONVERSI AGAMA DAN DAMPAK SOSIAL MASYARAKAT DI DESA ADIMULYA, KECAMATAN WANAREJA, KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri (UIN) Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
KIKI NUR IMASARI_DINAMIKA KONVERSI AGAMA DAN DAMPAK SOSIAL MASYARAKAT DI DESA ADIMULYA, KECAMATAN WANAREJA, KABUPATEN CILACAP.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian lapangan dengan judul “DINAMIKA KONVERSI AGAMA DAN DAMPAK SOSIAL MASYARAKAT DI DESA ADIMULYA, KECAMATAN WANAREJA, KABUPATEN CILACAP”. Adapun penelitian lapangan ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana proses konversi agama yang di lakukan oleh warga Desa Adimulya, Kecamatan Wanareja, untuk mengetahui dan memahami faktor-faktor pendorong terjadinya konversi agama di Desa Adimulya, Kecamatan Wanareja, serta memahami dampak sosial-masyarakat yang dirasakan oleh pelaku konversi agama tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yang dimana berusaha untuk mendeskripsikan keadaan dan pengalaman pelaku konversi agama secara faktual, tanpa memanipulasi dan atau merekayasa data lapangan. Teori yang digunakan untuk menunjang penelitian ini ialah teori konversi agama Lewis R. Rambo, sesuai dengan pembahasan skripsi yang diangkat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadinya konversi agama tidak terjadi secara spontan, tetapi melalui beragam tahapan proses. Merujuk pada teori konversi agama Lewis R. Rambo, proses konversi agama ini terdiri dari tahap konteks, tahap krisis, tahap pencarian, tahap pertemuan, tahap interaksi, tahap komitmen, dan tahap konsekuensi. Dalam penelitian ini, setiap pelaku konversi agama melalui tahapan proses yang sama dengan bentuk tersendirinya. Adapun faktor pendorong terjadinya konversi agama di Desa Adimulya ini yakni dipengaruhi oleh faktor pribadi, seperti perubahan psikologis dalam pikiran, perasaan dan perilaku yang berubah, kesadaran dan pengalaman pelaku konversi agama. Selain itu juga didukung oleh faktor lainnya, yakni faktor budaya dan agama, faktor sejarah dan faktor komunitas atau masyarakat. Dampak sosial-masyarakat yang dirasakan oleh pelaku konversi agama di Desa Adimulya, memiliki pola yang cukup sama, yakni merasakan dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif yang dirasakan, ialah mendapatkan dukungan dari keluarga dan teman yang suportif. Sedangkan dampak negatif yang dirasakan oleh pelaku konversi agama ialah mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan dari orang-orang sekitarnya yang tidak suportif, seperti dijauhi, dikata-katai, dihakimi dsb. Namun, lambat laun pelaku konversi agama dapat mengatasinya dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konversi Agama, Proses Konversi, Faktor Konversi, Dampak Konversi.
Subjects: 200 Religion > 204 Special topics
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.14 Perubahan Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Studi Agama - Agama
Depositing User: Kiki Nur Imasari sdri
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:11
Last Modified: 18 Jul 2023 07:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20293

Actions (login required)

View Item View Item