NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAUHID DALAM TRADISI MANAQIB SYECH ABU HASAN ASY SYADZILI DI DESA LENGKONG RAKIT BANJARNEGARA

Alfian Reza, Nurul Fauzi (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAUHID DALAM TRADISI MANAQIB SYECH ABU HASAN ASY SYADZILI DI DESA LENGKONG RAKIT BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ALFIAN REZA NURUL FAUZI_NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAUHID DALAM TRADISI MANAQIB SYECH ABU HASAN ASY SYADZILI DI DESA LENGKONG RAKIT BANJARNEGARA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Peranan penting pendidikan saat ini guna meningkatkan kualitas manausia. Pendidikan tauhid merupakan pondasi utama bagi seorang muslim dalam menentukan ketauhidanya secara benar. Penanaman pendidikan tauhid sangat diperlukan. Penanaman nilai-nilai Pendidikan Tauhid ini ditujukan bagi generasi￾generasi muda Indonesia, baik dari masa kanak-kanak hingga dewasa. Penanaman nilai pendidikan Tauhid ini dapat diwujudkan dengan adanya edukasi yang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Metode serta media yang digunakan harus semenarik mungkin, agar dapat diterima kalangan masyarakat di era ini. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui nilai-nilai pendidikan tauhid dalam tradisi manaqib Syech Abu Hasan Asy Syadzili di Desa Lengkong Rakit Banjarnegara. Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini pengasuh, kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kesantrian, ustadz, santri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik untuk menganalisis data adalah teknik analisis kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelian ini menunjukan bahwa: Nilai-nilai pendidikan tauhid dalam tradisi manaqib Syech Abu Hasan Asy Syadzili di Deesa Lengkong Rakit Banjarnegara terdiri dari 1) Nilai-ilai pendidikan tauhid rububiyah yang terkadung seperti: ridho terhadap qodo dan qodarnya Allah Swt, dan selalu merasa diawasi oleh Alllah (muroqobah). 2) Nilai-nilai pendidikan tauhid uluhiyyah yang terkadung seperti: ikhlas beribadah kepada Allah, menghiasi diri dengan akhlak terpuji (Tahalli), dan memperbanyak istighfar serta sholawat. 3) Nilai-nilai pendidikan tauhid asma wasifat yang terkadung seperti: meningkatkan ukhuwah, toleransi, dan mencintai ilmu agama serta mengajarkanya dengan ikhlas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan Tauhid, Tradisi dan Manaqib
Subjects: 200 Religion > 260 Christian social theology > 268 Religious education
2x0 Islam (Umum) > 2x0.1 Islam dan Filsafat
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.9 Adat Istiadat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alfian Reza Nurul Fauzi sdr
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:01
Last Modified: 18 Jul 2023 07:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20290

Actions (login required)

View Item View Item