PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI MA’ARIF NU SINGASARI KARANGLEWAS BANYUMAS

Pangesti, Wahyuning Mulia (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI MA’ARIF NU SINGASARI KARANGLEWAS BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
PangestiWM_PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI MA’ARIF NU SINGASARI KARANGLEWAS BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) kelas V pada mata pelajaran IPA di MI Ma’arif NU Singasari dilatarbelakangi oleh perubahan pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka pada era new normal. Setelah pandemi siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran karena terbiasa dengan pembelajaran online. Startegi Numbered Head Together (NHT) dipilih karena dalam pembelajaran IPA guru harus mampu menyajikan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif langsung. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan startegi pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada pembelajaran IPA kelas V MI Ma’arif NU Singasari. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggambarkan bagaimana guru dalam menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada pembelajaran IPA kelas V MI Ma’arif NU Singasari. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru telah menerapkan startegi pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT. Tujuan dari penerapan startegi pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) tersebut sudah dicapai dengan baik, hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam mengikuti diskusi dan merespon pertanyaan yang diberikan guru pada hasil observasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Mata Pelajaran IPA, Startegi Numbered Head Together (NHT)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Pangesti Wahyuning Mulia
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:07
Last Modified: 18 Jul 2023 04:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20288

Actions (login required)

View Item View Item