PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI DAN TIDAK MENGIKUTI PROGRAM MENGHAFAL AL-QUR'AN DI MAN 2 CILACAP

Syahisa, Pherofani (2023) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI DAN TIDAK MENGIKUTI PROGRAM MENGHAFAL AL-QUR'AN DI MAN 2 CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Syahisa_Pherofani_Perbandingan_Kemampuan_Pemecahan_Masalah_Matematika.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Kemampuan pemecahan masalah matematika hakikatnya adalah suatu aktivitas untuk mencari penyelesaian dari masalah matematika yang dihadapi dengan menggunakan pengetahuan matematika yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang mengikuti dan tidak mengikuti program menghafal Al-Qur’an di MAN 2 Cilacap. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah 482 siswa kelas X MAN 2 Cilacap. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan sebanyak 254 siswa yang mengikuti dan tidak mengikuti program menghafal Al-Qur’an, dimana siswa yang mengikuti program menghafal Al-Qur’an sebanyak 44 siswa dan yang tidak menghafal Al-Qur’an sebanyak 210 siswa dengan menggunakan rumus Solvin. Variabel penelitiannya yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika. Tes diuji Validitasnya menggunakan Product Moment Pearson dan reliabilitas dengan Cronbach’s Alpha. Kemudian dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji independent sample t-test. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji independent sample t-test dengan taraf signifikansi α = 0.05 diperoleh t ≥t_tabel yaitu 4,554 ˃ 1,960 yang menunjukan hasil penelitian yakni terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang mengikuti dan tidak mengikuti program menghafal Al-Qur’an di MAN 2 Cilacap. Dan berdasarkan uji independent sample t-test siswa yang mengikuti program menghafal Al-Qur’an memiliki rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah yang lebih tinggi daripada siswa yang tidak mengikuti program menghafal Al-Qur’an, maka siswa yang mengikuti program menghafal Al-Qur’an lebih baik dari pada siswa yang tidak mengikuti program menghafal Al-Qur’an dalam hal kemampuan pemecahan masalah matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hafalan Al-Qur’an, Pemecahan Masalah, Matematika
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.5 Islam dan Ilmu Murni
300 Social sciences > 307 Communities
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Syahisa Pherofani sdri
Date Deposited: 19 Jul 2023 00:56
Last Modified: 19 Jul 2023 00:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20284

Actions (login required)

View Item View Item