PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI STATISTIKA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BATURADEN

Fenita, Riyanti (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI STATISTIKA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BATURADEN. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FENITA RIYANTI_PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI STATISTIKA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BATURADE1.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi rendahnya pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Baturaden.salah satunya adalah dengan model pembelajaran flipped classroom. Model pembelajaran ini merupakan model pembelajaran dimana siswa terlebih dahulu mendapatkan materi sebelum pembelajaran di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi dan pengaruh model pembelajaran flipped classroom menggunakan model pembelajaran flipped classroom di SMP Negeri 1 Baturaden. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII di SMP Negeri 1 Baturaden. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A dan VIII B yang berjumlah 66 siswa. Analisis penelitian ini menggunakan uji t. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, dapat diartikan bahwa model pembelajaran flipped classroom berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka model pembelajaran flipped classroom dilakukan dengan baik, sesuai dengan tabel kriteria penelitian yang diperoleh rata – rata 3,75 yang artinya berada pada kriteria terlaksana dengan baik. dan Model pembelajaran flipped classroom berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matemaika siswa kelas VIII. Dibuktikan dengan menunjukan bahwa skor nilai dari kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan. Dapat diartikan bahwa model pembelajaran flipped classroom berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Flipped classroom, Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fenita Riyanti sdri
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:54
Last Modified: 18 Jul 2023 06:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20282

Actions (login required)

View Item View Item