PENGARUH PENGETAHUAN PAJAK, KEAKTIFAN PIHAK DESA DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KETIDAKPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (Studi empiris pada masyarakat di Desa Tipar Kidul, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas)

Ananda, Nur Kholivah (2023) PENGARUH PENGETAHUAN PAJAK, KEAKTIFAN PIHAK DESA DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KETIDAKPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (Studi empiris pada masyarakat di Desa Tipar Kidul, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img] Text
ANANDA NUR KHOLIVAH_PENGARUH PENGETAHUAN PAJAK, KEAKTIFAN PIHAK DESA DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KETIDAKPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN .pdf
Restricted to Repository staff only until 1 December 2025.

Download (3MB)

Abstract

Ketidakpatuhan wajib pajak merupakan suatu tindakan yang mengacu pada situasi di mana seorang wajib pajak belum mampu memenuhi semua kewajiban perpajakannya. Data evaluasi penerimaan pajak PBB di Kecamatan Ajibarang menunjukan bahwasannya di Desa Tipar Kidul dari tahun 2019–2021 terjadi penurunan pajak dalam realisasi pokok ketetapan pajak. Hal ini yang menyebabkan ketidakpatuhan pajak di desa Tipar Kidul. Pada penelitian ini peneliti menganalisis pengaruh pengetahuan pajak, keaktifan pihak desa, dan sanksi pajak terhadap ketidakpatuhan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan di Desa Tipar Kidul, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik probability sampling yaitu cluster random sampling dan non-probability sampling yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 380. Peneliti menentukan ada 5 indikator yang mempengaruhi ketidakpatuhan pajak yang terdiri dari ketidakpatuhan membayar pajak, pemberian informasi, melaporkan kembali SPT, ketidakpatuhan material dan kelalaian dalam membayar pajak. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa :1) pengetahuan pajak tidak berpengaruh negatif terhadap ketidakpatuhan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan. 2) keaktifan pihak desa berpengaruh negatif terhadap ketidakpatuhan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan. 3) sanksi pajak berpengaruh positif terhadap ketidakpatuhan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan. 4) Secara simultan semua variabel independen dalam penelitian ini berpengaruh positif signifikan terhadap ketidakpatuhan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Pajak, Keaktifan Pihak Desa, Sanksi Pajak, Ketidakpatuhan Wajib Pajak
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ananda Nur Kholivah sdri
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:28
Last Modified: 01 Dec 2023 06:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20281

Actions (login required)

View Item View Item