Pengaruh Media Pembelajaran SLAMAT (Snake Ladder and Math Game) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Aritmatika Sosial

Dea, Alziani (2023) Pengaruh Media Pembelajaran SLAMAT (Snake Ladder and Math Game) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Aritmatika Sosial. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Dea Alziani Pengaruh Media Pembelajaran SLAMAT (Snake Ladder and Math_Game) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Aritmatika Sosial..pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa sangatlah penting dalam pembelajaran matematika. Kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah dapat dilihat dari berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana impelentasi media pembelajaran SLAMAT (Snake Ladder and Math Game) terhadap kemampuan berkir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mangunjaya. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B denagn teknik pengambilan sampel menggunakan Convience Sampling. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal uraian pretest dan posttest dengan analisis data menggunakan uji t. berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa impelmentasi media pembelajaran SLAMAT (Snake Ladder and Math Game) dilakukan dengan sangat baik, dengan skor pengamat 3,58. Dari hasil analisis data yaitu uji t dapat diketahui bahwa pembelajaran dengan mengguanakan media SLAMAT (Snake Ladder and Math Game) efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Dapat dilihat dari signifikansi sebesar 0,003 < 0,05 maka ditolak dan diterima, yang artinya media pembelajaran SLAMAT (Snake Ladder and Math Game) efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Kemampuan Berpikir Kritis, Ular Tangga
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Dea Alziani sdri
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:23
Last Modified: 18 Jul 2023 04:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20277

Actions (login required)

View Item View Item