Aji Madia, Abdurrohman (2023) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, INTERAKSI SOSIAL DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI MI MUHAMMADIYAH BEJI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
AJI MADIA ABDURROHMAN_PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, INTERAKSI SOSIAL DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI MI MUHAMMADIYAH BEJI KECAMATAN KEDUNGBANTENG.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemandirian belajar siswa di era pandemi covid-19, yang membuat siswa semakin kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran pasca pandemi covid-19. Kemandirian belajar dalam kurikukulum terbaru juga menjadi salah satu hal yang penting. Kemandirian menjadi salah satu karakter yang diharapkan dalam profil pelajar pancasila. Hal ini menarik peneliti untuk melakukan penelitian seberapa besar pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah Beji. Adapun penelitian dilakukan dari bulan April-Mei 2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunak jenis penelitian survey. Populasi pada penelitian ini adalah selurus siswa kelas 4 dan 5 MI Muhammadiyah Beji. Sampel terdiri dari 72 siswa yang dipilih secara random sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket motivasi belajar, interaksi sosial, lingkungan belajar dan kemandirian belajar. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana, uji regresi linear berganda, Uji T dan Uji F. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap kemandirian sebesar 27,3%, terdapat pengaruh antara interaksi sosial terhadap kemandirian belajar sebesar 27,0%, terdapat pengaruh antara lingkungan belajar terhadap kemandirian belajar sebesar 27,6%, terdapat pengaruh antara motivasi belajar dan interaksi sosial terhadap kemandirian belajar sebesar 30,9%, terdapat pengaruh antara motivasi dan lingkungan belajar terhadap kemandirian belajar sebesar 41,6%, terdapat pengaruh antara interaksi sosial dan lingkungan belajar terhadap kemandirian belajar sebesar,41,5% terdapat pengaruh motivasi belajar, interaksi sosial dan lingkungan belajar terhadap kemandirian belajar sebesar 44,9%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Interaksi Sosial, Lingkungan, Kemandirian, Belajar |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | AJI MADIA ABDURROHMAN sdr |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 02:47 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 02:47 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20275 |
Actions (login required)
View Item |