PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KESADARAN METAKOGNISI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS VIII SMP GUNUNGJATI 1 PURWOKERTO

Rizky, Muhammad Gunawan (2023) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KESADARAN METAKOGNISI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS VIII SMP GUNUNGJATI 1 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rizky Muhammad Gunawan_Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kesadaran Metakognisi Terhadap Kemampuan Pemacahan Masalah Matematika Kelas VIII SMP Gunungjati 1 Purwokerto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh secara parsial maupun simultan antara variabel kecerdasan emosional dan kesadaran metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Gunungjati 1 Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian junis kuantitatif dengan metode penelitian berupa survei. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Gunungjati 1 Purwokerto yang berjumlah 86 siswa. Dengan menggunakan teknik pengambilan simple random sampling, berdasarkan rumus Solvin diperoleh sampel sebanyak 71 siswa. Instrument penelitian yang digunakan diantaranya berupa angket kecerdasan emosional dan kesadaran metakognisi serta tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa nilai signifikansi dari uji regresi linier sederhana ataupun berganda. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa 1) terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Gunungjati 1 Purwokerto. Hal tersebut berdasarkan analisis hipotesis diperoleh nilai t statistik uji (3,631) > t tabel (1.995469) dengan kuat pengaruh sebesar 16%. 2) terdapat pengaruh kesadaran metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Gunungjati 1 Purwokerto, hal tersebut berdasarkan analisis hipotesis diperoleh nilai nilai t statistik uji (2,859) > t tabel (1.995469) dengan kuat pengaruhnya sebesar 10,6%. 3) terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional dan kesadaran metakognisi secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Gunungjati 1 Purwokerto. Ditunjukkan dengan nilai F statistik uji (7,326) > F tabel (3,131672). Kuat pengaruh diantara kedua variabel bebas secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika diperoleh 17,7%, artinya 82,3% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Jadi diketahui bahwa kecerdasan emosional dan kesadaran metakognisi baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Kesadaran Metakognisi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 545 Quantitative analysis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Rizky Muhammad Gunawan sdr
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:38
Last Modified: 18 Jul 2023 02:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20273

Actions (login required)

View Item View Item