NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DAKWAH WALISONGO DALAM BUKU ATLAS WALISONGO KARYA AGUS SUNYOTO DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM

Anggi Renggani, Dwi Yanti (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DAKWAH WALISONGO DALAM BUKU ATLAS WALISONGO KARYA AGUS SUNYOTO DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi-Anggi Renggani Dwi Yanti_1917402207_fix.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Indonesia merupakan negara yang majemuk, sebagian besar wilayahnya merupakan kepulauan yang di dalamnya terdapat banyak sekali suku, budaya, bahasa, dan agama. Keberagaman di Indonesia tidak selalu berjalan dengan baik, karena ditengah perbedaan tersebut biasanya timbul konflik SARA (Suku, Agama, Ras, Antar Golongan). Dari kasus tersebut, diperlukannya pendidikan yang bisa membangun mental bangsa yang toleran, mengembangkan kompetensi lintas kultur, memupuk rasa saling menghomati dan menghargai satu sama lain yang dikenal sebagai pendidikan multikultural. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan multikultural apa saja dalam dakwah Walisongo yang terdapat dalam Buku Atlas Walisongo dan relevansinya dengan pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi, yakni mencari dan mengumpulkan berbagai macam data berupa tulisan yang relevan dengan permasalahan yang menjadi fokus penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis) dan dikuatkan dengan analisis Miles and Huberman. Hasil penelitian ini adalah diperolehnya nilai-nilai pendidikan multikultural dakwah Walisongo dalam buku Atlas Walisongo yang meliputi nilai toleransi, nilai kemanusiaan, nilai kedamaian, nilai persaudaraan, nilai kesetaraan, nilai demokrasi, nilai pluralisme. Nilai-nilai pendidikan multikultural tersebut relevan dengan pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan multikultural, Dakwah Walisongo, pendidikan Islam
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.9 Peta Sejarah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anggi Renggani Dwi Yanti
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:42
Last Modified: 17 Jul 2023 07:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20264

Actions (login required)

View Item View Item