MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN DEWASA METODE QIRO'ATI DALAM MEMPERSIAPKAN SUMBER DAYA MANUSIA TENAGA PENGAJAR DI TKQ DAN TPQ (STUDY KASUS SANTRI LEMBAGA PENDIDIKAN DEWASA DI TPQ BUSTANU USYSYAQIL QUR'AN LESMANA)

Yayah, Zakiyah (2023) MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN DEWASA METODE QIRO'ATI DALAM MEMPERSIAPKAN SUMBER DAYA MANUSIA TENAGA PENGAJAR DI TKQ DAN TPQ (STUDY KASUS SANTRI LEMBAGA PENDIDIKAN DEWASA DI TPQ BUSTANU USYSYAQIL QUR'AN LESMANA). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
YAYAH ZAKIYAH_Manajemen Lembaga Pendidikan Dewasa Metode Qiro'ati Dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Tenaga Pengajar Di TKQ Dan TPQ (Study Kasus Santri Lembaga Pendidikan Dewasa Di TPQ Bustanu Usysyaqil Qur'an Lesmana).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manajemen Lembaga Pendidikan Dewasa merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakan serta pengawasan suatu kegiatan dalam mengatur suatu lembaga baik dari segi waktu maupun kegiatan dalam rangka mencapai tujuan yaitu mempersiapkan tenaga pengajar. TPQ BUQ Lesmana merupakan salah satu TPQ yang mendirikan Lembaga Pendidikan Dewasa dengan menggunakan metode qiro'ati, yakni metode di mana cara pengajaranya langsung, tidak dengan ejaan per huruf, adanya Lembaga Pendidikan Dewasa dilatar belakangi oleh kesadaran orang tua yang ingin belajar mengaji, disisi lain menjadi wali santri juga menjadi santri di TPQ. Selain itu dengan adanya Lembaga Pendidikan Dewasa diharapkan dapat membantu untuk tersedianya tenaga pengajar, melalui beberapa proses sesuai fungsi manajemen seperti Penthasihan dan dinyatakan lulus dapat direkrut apabila terjadi penghentian guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen pendidikan dewasa metode Qiro'ati sumber daya manusia terutama dalam mempersiapkan tenaga pembina di TKQ dan TPQ. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif deskriptif. Penulis mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala TPQ, Notaris, koordinasi, serta santri TPQ BUQ Lesmana. Untuk obyek penelitian ini adalah Manajemen Lembaga Pendidikan Dewasa dalam mempersiapkan tenaga pengajar. Hasil dari penelitian ini adalah Manajemen Lembaga Pendidikan Dewasa metode Qiroa'ti di TPQ BUQ Lesmana berjalan sesuai dengan prosedur dan fungsi-fungsi manajemen yang ada baik dari segi perencanaan yang pelaksanaanya dengan cara mempersiapkan formulir pendaftaran sarana dan prasarana dalam mempersiapkan proses perekrutan, disisi lain juga ada kegiatan Muthola'ah setiap selesai mengaji. Untuk pengorganisasian sendiri dengan membentuk struktur organisasi agar lebih mudah mengetahui apa posisiya, dan penggerakan melalui kegiatan mengaji serta pengawasan yang dilakukan langsung oleh kepala selaku pemimpin organisasi. Kata Kunci: Manajemen, Lembaga Pendidikan Dewasa, Metode Qiro'ati, Tenaga Pengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Lembaga Pendidikan Dewasa, Metode Qiro'ati, Tenaga Pengajar.
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.12 Ilmu Qiraat (termasuk macam qiraat dan tajwid)
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.2 Al Qur'an dan Terjemah
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Yayah Zakiah sdri
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:37
Last Modified: 17 Jul 2023 07:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20248

Actions (login required)

View Item View Item