PENERAPAN PROGRAM REVITALISASI PASAR RAKYAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PENGELOLAAN DAN PROFESIONALISME PEDAGANG PASAR RAKYAT PON PURWOKERTO

Rafikasari, Rafikasari (2023) PENERAPAN PROGRAM REVITALISASI PASAR RAKYAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PENGELOLAAN DAN PROFESIONALISME PEDAGANG PASAR RAKYAT PON PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RAFIKASARI_PENERAPAN PROGRAM REVITALISASI PASAR RAKYAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PENGELOLAAN DAN PROFESIONALISME PEDAGANG PASAR RAKYAT PON PURWOKERTO.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pasar Rakyat Pon merupakan salah satu pasar rakyat yang dikelola Pemerintah Kabupaten Banyumas yang telah terprogram dalam revitalisasi pasar rakyat. Penerapan program revitalisasi pada Pasar Rakyat Pon adalah bentuk upaya yang dilakukan pemerintah agar sarana dan prasarana fisik, sosial budaya, manajemen, dan ekonomi meningkat, serta dapat meningkatkan kenyamanan masyarakat dimana hal ini mulai tergeser akibat tumbuhnya ritel modern. Penerapan program revitalisasi Pasar Rakyat Pon mengacu pada SNI 8152:2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan program revitalisasi pasar rakyat serta mengetahui sejauh mana program tersebut berhasil meningkatkan kualitas pengelolaan dan profesionalisme para pedagang Pasar Rakyat Pon. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan lokasi penelitian di Pasar Rakyat Pon yang terletak di Kelurahan Bantarsoka, Kec. Purwokerto Barat, Kab. Banyumas. Peneliti menerapkan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan uji kredibilitas data. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis interaktif model yang dikembangkan Milles dan Huberman, dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, hingga memperoleh kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program revitalisasi pasar rakyat yang diterapkan di Pasar Rakyat Pon telah membawa perubahan positif dari segi fisik bangunan saja. Namun, masih terdapat kekurangan dalam meningkatkan kualitas pengelolaan dan profesionalisme pedagang pasar. Mulai dari kurangnya perawatan fasilitas pasar, koordinasi atau komunikasi antara pedagang dan pengelola pasar, kurangnya upaya yang memadai dari pemerintah dan pengelola pasar dalam memberikan pelatihan dan dukungan kepada pedagang terkait manajemen bisnis, keuangan, pemasaran, dan layanan pelanggan. Serta kurangnya upaya dalam menciptakan lingkungan perdagangan yang profesional dan menarik. Kata Kunci : Revitalisasi Pasar Rakyat, Pengelolaan, Profesionalisme Pedagang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Revitalisasi Pasar Rakyat, Pengelolaan, Profesionalisme Pedagang
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rafikasari Rafikasari sdri
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:36
Last Modified: 17 Jul 2023 07:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20244

Actions (login required)

View Item View Item