PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR MTs MA’ARIF NU 04 TAMANSARI KABUPATEN PURBALINGGA

yanuarin devita, amelia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR MTs MA’ARIF NU 04 TAMANSARI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Yanuarin Devita Amelia_Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar MTs Ma'arif NU 04 Tamansari Kabupaten Purbalingga.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa di kelas VIII MTs Ma’arif NU 04 Tamansari. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menerapkan model pembelajaran project based learning. Model pembelajaran project based learning merupakan model pembelajaran dimana siswa diberikan masalah terlebih dahulu kemudian mereka dibagi kelompok untuk berdiskusi mengenai masalah tersebut dan diakhir pembelajaran menghasilkan suatu projek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar MTs Ma’arif NU 04 Tamansari Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest kontrol group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs Ma’arif NU 04 Tamansari. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII A dan VIII B yang berjumlah 48 siswa. Analisis data menggunakan uji t dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar MTs Ma’arif NU 04 Tamansari Kabupaten Purbalingga. Dari hasil N-Gain menunjukan N-Gain kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 0,703 yang diklasifikasikan masuk kategori tinggi, dan pada kelas kontrol mendapat skor rata-rata sebesar 0,57 yang diklasifikasikan masuk kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Kemampuan Pemahaman Matematis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Yanuarin Devita Amelia sdri
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:36
Last Modified: 17 Jul 2023 06:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20238

Actions (login required)

View Item View Item